Menerima Piagam Penghargaan Dari BPJS cabang Prabumilih

posted on Portal Resmi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by dpmptsp

Kepala Dinas DMPTSP HARIS MUNANDAR, S.H., M.H. menerima menerima piagam penghargaan dari BPJS Kesehatan, Senin (06/01/2023). Penghargaan diberikan karena Kepala dinas Bapak HARIS MUNANDAR, S.H., M.H.dianggap menjadi dua pihak yang berkontribusi terhadap atas dukungan dan peran aktifnya dalam meningkatkan kepatuhan badan usaha.  Piagam penghargaan itu diteken oleh Kepala BPJS Kesehatan Yunita Ibnu.S.E.,AAK,.

 

BAPPEDA LITBANG GELAR RAKOR PERSIAPAN PELAKSANAAN MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN TAHUN 2023.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA LITBANG) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Tahun 2023, Senin (06/02/2023).

Dalam sambutan Adhiyan Fikri,S.E.,M.Si Kepala Bidang Perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah sampaikan bahwasanya Rapat Koordinasi ini Menindaklanjuti Surat Edaran Bupati OKU Selatan tentang Pedoman umum penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat daerah dan Rancangan awal RKPD Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023.

Adapun Rencana Musrenbang tingkat kecamatan ini, merupakan tindaklanjut dari Musrenbang tingkat Desa dan Kelurahan dengan menerapkan prinsip- prinsip Partisipatif.

Penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten OKU Selatan, Musrenbang tingkat Desa sudah dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2022, tingkat kelurahan akan dilansakankan pada tanggal 24 Januari sampai dengan 5 Februari 2023 dan Musrenbang tingkat Kecamatan akan dilaksanakan pada 13 Februari sampai dengan 16 Februari 2023.

Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah

Keberhasilan pelaksanaan pembangunan masyarakat sangat bergantung kepada peranan pemerintah dan masyarakat. Keduanya harus mampu menciptakan sinergi. Tanpa melibatkan masyarakat, pemerintah tidak akan dapat mencapai hasil pembangunan secara optimal.

Selain memerlukan keterlibatan masyarakat, pembangunan juga membutuhkan strategi yang tepat agar dapat lebih efisien dari segi pembiayaan dan efektif dari segi hasil. Pemilihan strategi pembangunan ini penting karena akan menentukan dimana peran pemerintah dan dimana peran masyarakat, sehingga kedua pihak mampu berperan secara optimal dan sinergis.

Bertempat di Ruang Rapat Bappeda litbang OKU Selatan, turut hadir Pejabat Perencana Kecamatan se-Kabupaten OKU Selatan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

WAKIL BUPATI OKU SELATAN HADIRI RAKERDA PERTAMA DPD HEBITREN INDONESIA KABUPATEN OKU SELATAN.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Mewakili Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., Wakil Bupati Sholehien Abuasir, S.P., M.Si., hadiri kegiatan Rakerda I DPD Hebitren Indonesia, Kabupaten OKU Selatan, sabtu (04/02/2023), di Pondok Pesantren Roudlotussholihin Penantian Banding Agung, OKU Selatan.

Dalam kesempatan itu Ketua DPD Hebitren Pesantren Bahrul Ulum, sampaikan ucapan terimakasih kepada tamu kehormatan yang telah hadir, Wakil Bupati OKU Selatan beserta Jajaran Pemerintah Kabupaten OKU Selatan yang telah hadir pada kegiatan Rakerda I DPD Hebitren Indonesia, Kabupaten OKU Selatan.

“Semoga dengan diterapkannya sistem Hebitren ini, mampu memberikan kemandirian terhadap pesantren serta mendorong akselerasi penguatan ekonomi dari unit usaha yang ada seperti halnya air mineral, parfum dan lainnya dengan menggunakan produk dari Pondok pesantren Roudlotussholihin”, ujarnya.

Disambung DPW Hebitren Provinsi Sumatra Selatan DR. Hj. Izzah Zen Sukri., M.Pd.I, menyampaikan baru 3 Pondok Pesantren di OKU Selatan yang mendapatkan SK, yang lainnya sedang dalam proses.

“Hebitren membantu kita mandiri dari segi perekonomian, minimal mempunyai satu produk untuk satu Pondok Pesantren, apabila telah berjalan tidak hanya berdampak baik terhadap Pondok Pesantren saja tetapi masyarakat juga, Hebitren bukan hanya wadah untuk kepentingan ekonomi dan bisnis semata, namun wadah silaturahim dan bentuk kontribusi pondok pesantren dalam menjaga marwah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Wakil Bupati OKU Selatan ungkapkan atas Nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, ucapkan selamat dan sukses atas diselenggarakannya rapat kerja daerah pertama DPD Hebitren Indonesia.

“Momentum ini merupakan upaya kita bersama dalam memperkokoh komitmen agar kebangkitan ekonomi bisnis Pesantren selalu mengikuti perkembangan pasar modern dengan tidak meninggalkan pasar reguler dengan memaksimalkan potensi ekonominya secara virtual maupun digital market antar pesantren,” ujarnya.

Dihadiri Kadin Koperindag, Kadiskanak, Kadin Pertanian, Kadin PMPTSP, Kepala Bank Sumsel Babel, Pengurus DPD Hebitren Indonesia OKUS, Para Kyai/Ustad Pengasuh Pondok Pesantren se OKU Selatan serta undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

1.000 TANDA BATAS TANAH DI OKU SELATAN DUKUNG TERLAKSANANYA PROGRAM SEJUTA TANDA BATAS DI INDONESIA

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H Hermansyah Said menghadiri Pencanangan Gerakan Masyarakat Menanam Tanda Batas (GEMAPATAS) di Kabupaten OKU Selatan yang dilaksanakan di Desa Simpang Campang, Kecamatan Kisam Ilir, Jumat (03/02/2023).

Dikatakannya, Gemapatas ini dicanangkan serentak di seluruh Indonesia mulai ditargetkan terpasang 1 juta patok batas bidang tanah di seluruh Indonesia, di mana 1.000 patok diantaranya di Kabupaten OKU Selatan yang terdistribusi di Desa Simpang Campang (350 patok), Desa Campang Jaya (350 patok), dan Desa Pius (300 patok).

Dijelaskannya, ketiga des aini ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan PTSL. Dan diharapkan melalui pencanangan ini para pemilik bidang tanah aliannya segera melakukan pemasangan tanda batas sebagai syarat dilaksanakannya kegiatan pengukuran bidang tanah dalam kegiatan PTSL.

“Kami mengharapkan agar masyarakat yang tanahnya belum bersertifikat untuk mendaftarkan tanahnya pada kegiatan PTSL. Di mana PTSL ini merupakan program strategis nasional dalam rangka mendaftarkan bidang-bidang tanah di seluruh Indonesia yang dibiayai oleh negara.

“Mari manfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin, pasang tanda batas bidang tanah masing-masing dan tentunya bersepakat dengan pemilik tanah yang berbatasan. Lengkapi berkas yang diperlukan, koordinasikan dengan tim ajudikasi melalui perangkat desa,” katanya.

Hermansyah Said juga mengimbau kepada perangkat desa khususnya di tiga desa ini untuk senantiasa berkoordinasi dengan kantor pertanahan dalam rangka kelancaran pelaksanaan PTSL. “Bantu masyarakat yang ini mendaftarkan tananya dan mendapatkan sertifikat ha katas tanah. Karena dengan adanya ini masyarakat mendapatkan kepastian atas kepemilikan tanah dan terlindungi,” jelasnya.

Turut hadir dalam pencanangan ini Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten OKU Selatan, Camat Kisam Ilir, para kades dan tamu undangan lainnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

BPJS KETENAGAKERJAAN APREASISI RESPON PEMKAB OKU SELATAN REALISASIKAN PROGRAM

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) siap mendukung terlaksananya program BPJS Ketenagakerjaan. Salah satunya melalui dukungan pelaksanakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan beberapa waktu yang akan datang.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten OKU Selatan, Joni Rafles, AP., M.Si., menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk menjelaskan sejumlah hal terkait program BPJS Ketenagakerjaan. “Sehingga diharapkan nantinya akan dapat lebih dipahami,” ujarnya dalam Rapat Persiapan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan, di Ruang Rapat Asisten I, Kamis (02/02/2023).

Dalam kesempatan ini juga, Joni Rafles menyarankan agar perusahaan-perusahaan yang ada di OKU Selatan segera mendaftarkan karyawannya sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan karena ini menyangkut keselamatan dalam bekerja.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan OKU, Riski dalam kesempatan ini mengungkapkan, pada tahap awal ini sasaran sosialisasi adalah Kepala Desa/Kelurahan, di mana kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada 21 Februari 2023 di Aula Pemkab OKU Selatan.

Ia juga mengapresiasi respon cepat Pemkab OKU Selatan terhadap program ini di banding beberapa Kabupaten lainnya. “Alhamdulillah dari 17 kabupaten/kota, OKU Selatan sudah masuk nominasi Penghargaan Paritrana BPJS Ketenagakerjaan langsung dari Kementerian dalam Negeri,” katanya.

Dikatakannya, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten OKU Selatan yaitu non ASN yang 2.910, kepala desa bserta perangkat ada 4.915, dan buruh tidak tetap 3697. Ia juga berharap agar Lembaga lain segera berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait program BPJS Ketenagakerjaan ini.

Turut hadir dalam rapat ini Kepala BPKPSDM, Kepala BPKAD, Kepala Disnakertrans, Kepala Dinas PMPD Kabupaten OKU Selatan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

BAPPEDA LITBANG OKU SELATAN GELAR RAKOR PENYEMPURNAAN RANCANGAN AWAL RENJA DAN RKPD TAHUN 2024.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA LITBANG) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Gelar Rapat Koordinasi Penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja dan RKPD Tahun 2023, Kamis (2/02/2023).

Dalam Laporan Adhiyan Fikri. S.E. Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah Bapeda Litbang sampaikan, sesuai ketentuan Undang- undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan peraturan menteri Dalam negeri republik Indonesia nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rancana pembangunan jangka panjang daerah.


Selanjutnya rencana pembangunan jangka menengah daerah, rencana kerja pemerintah daerah, bahwa Pemerintah Kabupaten/kota dalam menyusun rencana kerja pembangunan daerah ( RKPD) harus mencantumkan arah kebijakan pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan untuk periode 1 (satu) tahun.

Penyusunan rancangan RKPD dan rancangan renja OPD tahun 2024 wajib mempedomani peraturan daerah nomor 1 tahun 2012 tentang RPJPD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan tahun 2005-2025 dan peraturan daerah nomor 5 tahun 2021 tentang RPJMD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan tahun 2021-2026 sebagai target sasaran, prioritas pembangunan daerah, serta program dan kegiatan pembangunan daerah yang disertai dengan target capaian pembangunan, mempedomani RPJMD provinsi, RKP nasional dan rancangan RKPD Provinsi sebagai penyelarasan serta sinkronisasi sasaran dan prioritas pembangunan daerah, arah kebijakan pembangunan program dan kegiatan tahunan dengan tema serta program dan kegiatan pembangunan provinsi dan program strategis pembangunan nasional.

Berdasarkan hasil rumusan pelaksanaan forum OPD dan forum lintas OPD, maka setiap OPD menyempurnakan rancangan rencana kerja ( Renja ) tahun 2024 yang selaras dengan rancangan RKPD Kabupaten OKU Selatan tahun 2024 serta arah, kebijakan serta prioritas pembangunan tahun 2024 yang di entry kedalam sistem SIPD dan dikoordinasikan dengan masing-masing bidang pada Bapeda Litbang Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan .

“Dalam arhan Kaban Bappeda Litbang Natalion, S. STP.M.Si., meminta untuk tetap semangat kedepannya sehingga anggaran lebih optimal dan evisien karna evaluasi di tahun-tahun sebelumnya masih kurang optimal, perencanaan keuangan harus lebih baik dan optimal dari masing-masing OPD, sehingga tidak Silpa terhadap rancangan kerja di masing-masing OPD,” ujarnya.

“Harapan kami bisa di kerjakan dengan sebaik mungkin sesuai dengan peraturan perundangan-undangan sehingga nantinya bisa di sesuaikan dalam rancangan penyusunan awal Renja RKPD Kabupaten OKU Selatan,”tegasnya.

Bertempat di Aula Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan dan turut dihadiri. Kaban Bappeda Litbang dan Pejabat Perencana dan Operator SIPD masing-masing OPD. Kamis ( 02/01/2023 ).

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

KOMITMEN HADIRKAN PELAYANAN YANG BAIK DI LINGKUNGAN PEMKAB OKU SELATAN BERBUAH PENGHARGAAN DARI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

PALEMBANG – Pelayanan publik yang ada di Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) mendapat apresiasi yang tinggi dari Ombudsman Republik Indonesia. Hal ini ditandai dengan penerimaan penghargaan predikat Opini Pengawasan Penyelenggaraan pelayanan Publik Tahun 2023 oleh Pemkab OKU Selatan, Rabu (01/02/2023).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Ombudsman RI, Mokhammad Najih kepada Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Com., di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel.

Bupati Popo Ali mengucapkan terimakasih telah melakukan penilaian maupun pengawasan terhadap pelayanan publik di Kabupaten OKU Selatan serta atas penghargaan yang telah diberikan ini. Menurutnya, hal ini merupakan hasil dari kerja keras jajaran Pemkab OKU Selatan yang terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat dalam berbagai sektor.

Dikatakannya, penghargaan ini bukan akhir melainkan merupakan alat untuk mempertahankan yang sudah baik bahkan untuk terus meningkatkannya, serta mengevaluasi apa yang masih kurang maksimal sehingga ke depan pelayanan publik di lingkungan Pemkab OKU Selatan semakin baik.

Kepala Ombudsman RI, Mohammad Najih mengungkapkan kepatuhan St pelayanan publik di Sumatera Selatan umumnya sudah cukup baik. Bahkan pelayanan publik di Sumsel dari tahun ke tahun terus meningkat di mana di tahun 2022 hanya ada 4 Kabupaten/kota yang masuk di zona hijau sedangkan pada tahun 2023 ini terdapat sebanyak 14 Kabupaten/kota yang masuk ke zona hijau.

Ia mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi terhadap tugas Ombudsman. Karena menurutnya, tanpa dukungan terutama dari kepala daerah dan Forkompinda.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) pelayanan publik yang juga diharapkan dapat menjadi sandaran untuk kerjasama dan koordinasi sebagai upaya peningkatan kinerja, kualitas, dan pelayanan publik.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

DINAS DUKCAPIL HADIRI RAKOR BERSAMA KPU & LEMBAGA PEMASYARAKATAN MUARADUA

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

Muaradua – Dinas DUKCAPIL OKU Selatan hadiri Rapat koordinasi mengenai Pelayanan Penyusunan Daftar Pemilih Di Lokasi Khusus Pada Pemilihan Umum Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Oku Selatan bersama Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) Kelas II B Muaradua OKU Selatan

  

RIBUAN WARGA IKUTI TABLIGH AKBAR DALAM RANGKA PERINGATAN HARI JADI OKU SELATAN KE-19

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Warga yang datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) mengikuti tabligh akbar dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-19 Kabupaten OKU Selatan yang digelar di Masjid Agung Almuhtadin Muaradua, Selasa (31/01/2023) pagi.

Para warga yang hadir dari berbagai lapisan masyarakat ini mendatangi kawasan masjid Agung Almuhtadin Muaradua sejak pagi untuk mengikuti tabligh akbar bersama Ustadzah Hj Qatrunnada Syathiry, LC.

Dalam kesempatan ini, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Com., mengungkapkan bahwa pada kegiatan ini pihak Pemkab OKU Selatan sengaja menggelar tabligh akbar sebagai bagian dari rangkaian untuk menyemarakkan peringatan hari jadi Kabupaten OKU Selatan.

Melalui kegiatan tabligh akbar ini Bupati Popo Ali menyebut bahwa kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai upaya untuk meningkatkan keagamaan dan ketaqwaan masyarakat Kabupaten OKU Selatan.

“Semoga apa yang kita laksanakan ini menjadi ladang amal ibadah dan bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Bupati OKU Selatan dua periode ini juga mengucapkan selamat datang kepada Ustadzah Hj Qatrunnada Syathiry LC ke Bumi Serasan Seandanan.

“Semoga kegiatan-kegiatan keagamaan di Kabupaten OKU Selatan ke depan semakin membaik,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Forkopimda ataupun yang mewakili, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK OKU Selatan, para pejabat di lingkungan Pemkab OKU Selatan dan para tamu undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

ENTRY MEETING BERSAMA BPK RI PERWAKILAN SUMSEL, WABUP HARAPKAN OKU SELATAN KEMBALI RAIH WTP

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua (31/01) Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir, SP.,M.Si. mengikuti Entry Meeting Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2022, Selasa (31/01/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Terbatas Bupati OKU Selatan ini, turut dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten OKU Selatan Yohana Yudhayanti, S.E. Inspektur, Kepala BPKAD, Kepala Bappeda Litbang, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris DPRD, Sekretaris Bapenda, dan Undangan Lainnya.

Entry Meeting yang dilaksanakan secara serentak di 17 Kabupaten/Kota Se Sumatera Selatan ini digelar secara daring melalui Video Conference Zoom Meeting.

Kepala BPK Perwakilan Sumatera Selatan Andri Yogama dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemeriksaan keuangan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan opini tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan Pemerintah Daerah.

Ketua BPK Perwakilan Sumsel juga menyebutkan bahwa pemeriksaan keuangan ini memilki standar pemeriksaan secara ketat, yaitu Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN).

Mewakili seluruh Pemerintah Daerah Se Sumatera Selatan, Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Ir. S.A. Supriono dalam sambutannya mengatakan, untuk mempersilahkan kepada Tim BPK Perwakilan Sumsel yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota Se Sumsel untuk melaksanakan tahapan pemeriksaan. Pihaknya juga akan berkoordinasi dan berkomunikasi dalam menyajikan data, juga siap untuk melaksanakan dan memfasilitasi sesuai dengan peraturan Perundang-undangan.

Ketua Tim BPK Perwakilan Sumsel untuk Kabupaten OKU Selatan Doddy Pranata dalam sambutannya juga mengatakan, bahwasanya pihaknya akan bertugas di Kabupaten OKU Selatan di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten OKU Selatan selama 27 hari kerja, dimulai pada tanggal 30 Januari 2023 sampai dengan 25 Februari 2023.

Doddy dalam kesempatan ini berharap kerjasama dan berpartisipasi aktif dari Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dan Instansi terkait, antara lain dengan membantu kelancaran data dan dokumen yang dibutuhkan oleh pemeriksa BPK selama kegiatan pemeriksaan.

Wakil Bupati OKU Selatan dalam kesempatan ini mengucapkan Selamat datang kepada Tim Pemeriksa BPK Perwakilan Sumsel. ” Selamat datang, dan Alhamdulillah pada prinsipnya Insyallah dengan adanya kegiatan ini akan berupaya untuk memberikan yang terbaik dan suport. Tentunya dengan harapan Kabupaten OKU Selatan akan kembali mendapat predikat WTP, ” ujar Wakil Bupati.

Menutup Entry Meeting ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten OKU Selatan Yohana Yudhayanti, S.E. mengucapkan terima kasih, khususnya untuk Pemerintah Daerah, terkait sasaran pemeriksaan dalam menyajikan baik data maupun dokumen. Tentu harapan bersama kedepannya laporan pemerintah daerah semakin tahun semakin membaik, dan WTP akan tetap diraih.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

PEMKAB OKU SELATAN IKUTI DEKS VALIDASI RENCANA KEBUTUHAN TENAGA KESEHATAN PPPK INSTANSI DAERAH 2023 BERSAMA KEMENKES DAN BKN RI SECARA VIRTUAL.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten OKU Selatan Ikuti Desk Validasi Rencana Kebutuhan Tenaga Kesehatan Instansi Daerah untuk Formasi PPPK Tenaga Kesehatan 2023 bersama Kementrian Kesehatan RI dan BKN RI secara Virtual, Selasa (31/01/2023).

Dalam Pertemuan ini membahas rencana Kebutuhan Tenaga Kesehatan Instansi Daerah untuk Formasi PPPK Tenaga Kesehatan 2023, selanjutnya Pemerintah akan melakukan Pemahaman, Perencanaan dan Pendataan.

Pemerintah saat ini fokus untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dengan Tujuan Sistem Kesehatan Nasional terselenggaranya pembangunan kesehatan oleh semua potensi, baik masyarakat, swasta, maupun pemerintah secara sinergis, berhasil guna dan berdaya guna, sehingga terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Selanjutnya adapun Jenis Fasilitasi Pelayanan Kesehatan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2016 tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang harus dipenuhi seperti, Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik Laboratorium Kesehatan serta yang lainnya.

Pemerintah terus berupaya untuk mencari solusi Rencana Kebutuhan Tenaga Kesehatan Instansi Daerah untuk Formasi PPPK Tenaga Kesehatan 2023, dikarnakan Nakes sebagai Garda Terdepan untuk pelayanan masyarakat dibidang kesehatan. Banyak tantangan yang dihadapi dalam membangun sistem kesehatan yang kuat dan handal, diantaranya kurangnya tenaga kesehatan, kurangnya koordinasi antar lembaga dan pembiayaan pelayanan kesehatan yang tidak memadai.

Bertempat di Ruang Vidcon Diskominfo turut hadir, BKPSDM, BPKAD, Bappeda Litbang, Kabag Ortala, RSUD serta undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

BUPATI POPO ALI HADIRI PENGAJIAN AKBAR DAN HAFLAH WISUDA KHOTMIL QURAN XXIV PONPES ROUDLOTUL QURAN

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Perhatian terhadap Pondok Pesantren menjadi salah satu fokus pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) di bawah kepemimpinan Bupati Popo Ali Martopo, B.Com., dan Wakil Bupati Sholehien Abuasir, S.P., M.Si. Hal ini dibuktikan dengan kedekatan pemimpin OKU Selatan dua periode ini dengan para pengurus ataupun pengasuh pondok pesantren hingga para santri.

Setelah beberapa hari lalu mengunjungi Ponpes Al-Anwar, Hari ini, Senin (30/01/2023) Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan ini kembali mendatangi Pondok Pesantren Roudlotul Quran yang ada di Simpang Sender, Kecamatan BPR Ranau Tengah.

 

Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati ini untuk menghadiri Pengajian Akbar Haflah Wisuda Khotmil Qur’an Ke XXIV Tahun 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan penuh hidmat dihadiri oleh ribuan para undangan dan orangtua santri dan satriwati. Dalam kesempatan itu Ketua Panitia, Samsul Huda menyampaikan terimakasih atas kehadiran tamu kehormatan Bupati dan rombongan, kiyai, sesepuh, dan orangtua/wali santri.

 

“Selamat atas kelulusan Santri dan Santriwati Khotmil Qur’an Ke XXIV. Semoga Allah berkahi perjalananmu, jangan pernah mengingkari-Nya, ajarkan ilmu yang kamu miliki semata-mata hanya di jalan-Nya,” ujarnya.

Buapati OKU Selatan juga menyampaikan, tentunya ini acara luar biasa dan ini merupakan kegiatan yang membanggakan sebagai wujud kehadiran generasi yang semakin baik untuk ke depannya.

 

“Selamat untuk kelulusan adik-adik semuanya, tentu orang tua ikut senang dan bangga, semangat untuk ke depan dan sukses,” ujarnya.

Ditutup dengan pengajian akbar haflah penceramah Gus Muhammad Muslim, M. S.Ag., M
A. Dan turut hadir dalam kegiatan ini Forkopimda ataupun yang mewakili, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kakan Menag, Kabag Kesra, ketua DPRD, Para Camat, Para Kades, PC NU Kab, Pengurus MUI, Ketua JP3M Kab dan Provinsi, PC GP Ansor, Ketua PC Muslimat IPNU, IPPNU dan seluruh Banom.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

DESA SUKAJAYA KABUPATEN OKU SELATAN TERIMA ANUGERAH DESA CANTIK TERBAIK TINGKAT NASIONAL TAHUN 2022

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

JAKARTA – Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) yang diwakili oleh Desa Sukajaya, Kecamatan Buay Rawan, meraih penghargaan Anugerah Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) tahun 2022 yang diberikan secara langsung oleh Menteri PAN RB dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) di Menara Dana Reksa, Jakarta Pusat, Senin (30/01/2022).

Penghargaan ini diterima usai Kabupaten OKU Selatan (Desa Sukajaya) termasuk dalam 12 penerima penghargaan ini secara nasional. Asisten Bidan Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten OKU Selatan, H Hermansyah Said yang mewakili Bupati OKU Selatan menerima penghargaan ini mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang telah diberikan ini.

Tak lupa, ia juga mengapresiasi kinerja aparatur desa dan pihak BPS Kabupaten OKU Selatan yang telah bekerja keras sehingga Kabupaten OKU Selatan berhasil meraih penghargaan ini.

Penghargaan ini, lanjutnya merupakan motivasi untuk Kabupaten OKU Selatan agar ke depan makin giat dalam menjalankan program ini dan menjadi motivasi juga bagi desa lain agar dapat mengikuti jejak Desa Sukajaya ini.

Penganugerahan Desa Cantik Tahun 2022 ini tertuang berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Penetapan 12 Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Terbaik Tahun 2022. Dan secara nasional hanya ada 12 desa yang mendapatkan penghargaan ini.

Kepala BPS, Margo Yuwono dalam sambutannya mengatakan tentang pentingnya peran data BPS dalam berbagai aspek. “Data ini dijadikan landasan bagi pemerintah untuk menyusun strategi bagaimana daya beli bisa dijaga, bagaimana pertumbuhan bisa pulih seperti sebelum pandemi Covid-19,” katanya.

Menurutnya, BPS akan terus melakukan transformasi yang diarahkan kepada dua aspek. “Aspek di hulu adalah perbaikan sistem dan manajemen internal, dan pada hilirnya kami segenap pegawai BPS berupaya bagaimana mendukung penyelesaian isu-isu prioritas pemerintah,” pungkasnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

BERSAMA KOMISI III DPRD OKU SELATAN, PEMKAB LAKUKAN MONITORING DAN LAKUKAN FASILITASI KEPARIWISATAAN

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

BANDING AGUNG – Mewakili Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan, Jos Akherman, S.STP., M.Si., mendampingi para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKU Selatan dari Komisi III yang dihadiri oleh Windiya Alhadipuro, S.E., Gunawan Sucipto, S.E., dan Iskandar melakukan pengawasan terhadap fasilitas kepariwisataan di Kawasan Danau Ranau, Senin (30/01/2022).

Pada kegiatan yang dipusatkan di Graha Serasan Seandanan Banding Agung ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan memaparkan sejumlah hal terkait kepariwisataan dan fasilitas yang tersedia untuk menyambut masyarakat yang datang berwisata ke Bumi Serasan Sandanan.

Dengan adanya fasilitas ataupun sarana dan prasarana yang ad aini, ia berharap agar dapat membuat para wisatawan yang datang merasa lebih nyaman sehingga akan menarik wisatawan lainnya.

Apalagi, lanjutnya di OKU Selatan sendiri khususnya di Kawasan Danau Ranau telah terdapat hotel sebagai tempat menginap bagi wisatawan yang datang dari jauh dan ingin menginap di Kawasan Danau Ranau.

Dalam kesempatan ini, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten OKU Selatan, Windya Alhadipuro, S.E., mengapresiasi para pengelola pariwisata yang ada di OKU Selatan yang telah berinovasi untuk kian memajukan kepariwisataan di OKU Selatan.

Meskipun demikian, ia berharap agar ke depan pengelola wisata dapat kian meningkatkan pelayanan dengan keramahtamahan sehingga akan membuat para wisatawan kian nyaman dan merasa aman saat berwisata di Bumi Serasan Seandanan khususnya ke Danau Ranau.

Sebagaimana diketahui, Danau Ranau sendiri merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Danau yang mengelilingi Gunung Seminung ini menawarkan keindahan yang luar biasa dan spot-spot wisata yang menarik, baik dalam hal wisata air hingga wisata pendakian ke puncak Gunung Seminung.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

BUPATI POPO HARAPKAN PILKADES SERENTAK TAHUN 2023, DAMAI, JUJUR, ADIL DAN DEMOKRATIS UNTUK MENUJU OKU SELATAN YANG LEBIH SEJAHTERA.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua ( 30/23 ) Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Popo Ali M.B.Com., membuka secara langsung kegiatan Pencanangan dan Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023, Senin ( 30/01/2023 ).

Dalam sambutannya Popo Ali mengatakan,
Pencanangan dan sosialisasi pemilihan kepala Desa serentak tahun 2023 di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang diikuti sebanyak 82 Desa dari 19 Kecamatan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 04 Mei 2023 mendatang. Pemilihan kepala Desa serentak merupakan pesta Demokrasi ditingkat Desa untuk menentukan Pemimpin Desa yaitu kepala Desa selam 6 ( Enam ) tahun kedepan.

Pemilihan kepala desa serentak ini diawali dengan tahapan pembentukan panitia penyelenggara pemilihan di desa, untuk itu saya mengharapkan panitia penyelenggara pemilihan yang akan dibentuk oleh BPD masing-masing desa dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku serta dapat menjaga Netralitas kepanitiaan.

” Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan mengharapkan dari semua pihak unsur yang terkait baik dari kepanitiaan desa, panitia Kabupaten dan pihak keamanan untuk selalu bekerjasama demi terciptanya tujuan proses Pesta Demokrasi melalui pemilihan Kepala Desa serentak yang aman dan damai,”Ujar Popo.

Dilanjutkan Bupati meminta kepada semua pihak agar sama-sama berdoa semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT sehingga kita dapat melaksanakan Pilkades serentak ini dengan lancar tanpa rintangan apapun juga, dan pada akhirnya nanti kita semua mengharapkan seluruh Kepala Desa terpilih agar dapat menjalankan amanat dan tanggungjawab sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Dalam laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ). A. Romzi S.E M.M., dasar pelaksanaan Peraturan daerah Kabupaten OKU Selatan Nomor 1 tahun 2015 tentang pemilihan, pengesahan dan pengangkatan, pelantikan dan pemberentian kepala desa. Peraturan daerah Kabupaten OKU Selatan Nomor 3 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 1 tahun 2015 tentang pemilihan pengesahan dan pengangkatan, pelantikan dan pemberentian kepala desa. Peraturan Bupati OKU Selatan nomor 37 tahun 2022, tentang pedoman pencalonan, pemilihan, pengangkatan, pelantikan dan pemberentian kepala desa. Keputusan Bupati OKU Selatan Nomor:90/KPTS/DPMD/2023 tentang penetapan pelaksanaan kegiatan pemilihan kepala desa serentak tahun 2023.

Jumlah 164 orang terdiri dari. 82 Kepala Desa dan Ketua BPD 82 Orang. Tujuan kegiatan sosialisasi ini bertujuan memberikan kepada kepala desa, bahwa masa jabatannya segera berakhir. Pada 09 Mei 2023, dan tata cara pembentukan panitia penyelenggara pemilihan kepala desa serentak tahun 2023 oleh badan permusyawaratan desa yang melaksanakan pemilihan tahun 2023.

Dilanjutkan paparan beberapa Narasumber diantaranya Kepala Kejaksaan Negeri OKU Selatan Dr. Adi Purnama, S.H. M.H. Kapolres OKU Selatan, Bagian Hukum Bangun adi Sutrisno, Iskandar S.H dan Dinas PMD Zainal Arifin,S.E.

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan turun dihadiri FKPD/ yang mewakili, Para Staf Ahli, Para Asisten, Kakan Menag, Inspektur, Para Kepala OPD, Kepala Badan, Para camat, KUA Muaradua, Para Kapolsek Se- Kabupaten OKU Selatan, Para Danramil, Para Kades dan Ketua BPD Desa yang akan mengikuti Pilkades Serentak Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

PEMKAB OKU SELATAN DORONG PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN UNTUK CETAK GENERASI YANG BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

BPR RANAU TENGAH – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.com., menghadiri Milad Ponpes Al-Anwar Simpang Sender, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPR Ranau Tengah), Kabupaten OKU Selatan, Sabtu (28/01/2023).

Dalam kesempatan ini, Bupati Popo Ali menyebut bahwa Pemkab sangat mendukung keberadaan pesantren. Untuk itu, pondok pesantren yang ada di Bumi Serasan Seandanan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya di bidang keagamaan.

“Kami berdoa dan tentunya mendukung supaya pondok pesantren dan yayasan ini akan terus exis dan terus menyediakan tempat bagi para santri dalam mengenyam pendidikan keagamaan di pondok pesantren ini,” ujarnya.

OKU Selatan sendiri, lanjut Bupati telah mempunyai Perda khusus terkait dengan pondok pesantren ini. Sehingga pemerintah dan DPR berkewajiban memberikan dukungan dan bantuan baik secara angaran maupun dukungan berbentuk bangunan sarana dan prasarana.

“Insyaallah 34 pesantren yang ada di OKU Selatan saat ini akan mendapatkan bantuan tersebut secara bergilir. Jangan ragu dan teruslah berjuang,” ujarnya.

Sementara, pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, Irhamsah mengucapkan terimakasih atas kesediaan Bupati OKU Selatan menghadiri acara tersebut. Dijelaskannya, Ponpes Al-Anwar ini sendiri te memiliki sejumlah sarana dan prasarana baru seperti asrama dan ruang belajar.

Melalui sarpras baru ini, diharapkan dapat kian meningkatkan semangat para santri dalam belajar, sehingga Ponpes Al-Anwar dapat mencetak santri maupun santriwati yang berguna bagi masyarakat.

“Terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang selalu memperhatikan dan mensupport pondok pesantren untuk dapat terus berkembang,” ujarnya.

Kegiatan yang juga turut dihadiri para pejabat di lingkungan Pemkab OKU Selatan ini dilanjutkan dengan ceramah yang disampaikan oleh Ust Rudi Hariono.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

SERAH TERIMA E-KTP HASIL PEREKAMAN KELILING

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

Runjung Agung – Penyerahan Kepingan EKtp Hasil dari Perekaman Secara Jemput Bola di Kecamatan Runjung Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

KOORDINASI KE KANTOR KECAMATAN BUAY RUNJUNG TERKAIT DATA KEPENDUDUKAN

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

Buay Runjung – Koordinasi Terkait data kependudukan dan Implementasi Buku Pokok Pemakaman ( BPP )

BENDAHARA, PPTK, PPK DI LINGKUNGAN PEMKAB OKU SELATAN IKUTI BIMTEK PENATAUSAHAAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN DAERAH

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

BANDING AGUNG – Para peserta yang terdiri dari bendahara, PPTK, PPK dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) mengikuti Bimbingan Teknis Penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah di Aula Graha Serasan Seandanan, Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan, Kamis (26/01/2023).

Dalam bimtek ini menghadirkan narasumber yaitu Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Kabupaten OKU Selatan, drs Herman Azedi, S.KM., M.M., dan Kepala BPKAD Kabupaten OKU Selatan, M Rahmatullah, S.STP., M.M.

Dalam pemaparannya, M Rahmatullah memaparkan bahwa penata usahaan pengeluaran ini diatur dalam Permendagri No. 77 tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan beberapa peraturan lainnya.

Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa pengelola keuangan SKPD yaitu ditetapkan oleh kepala daerah atas usul PPKD, ditetapkan oleh pengguna anggaran, dan memiliki sejumlah kewenangan dan tugas.

Sebelumnya, Bimtek ini sendiri telah dibuka oleh Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Kabupaten OKU Selatan, Rabu (15/01/2023) malam. Dalam penyampaiannya, ia berharap agar apa yang dilaksanakan ini dapat menjadi pedoman dalam penatausahaan dan pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan daerah.

Herman Azedi juga berharap agar para peserta yang merupakan perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab OKU Selatan dapat mengikuti ini dengan penuh keseriusan sehingga apa yang diharapkan melalui kegiatan bimtek ini dapat bermanfaat dan dapat direalisasikan dalam pekerjaan di masing-masing OPD.

Sumber: Diskominfo Oku Selatan

BENTUK KEPENGURUSAN LEMBAGA POSYANTEK DESA SE KABUPATEN OKU SELATAN, DINAS PMPD GELAR RAKOR KEPENGURUSAN LEMBAGA POSYANTEK

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua (26/01) Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) menggelar Rapat Koordinas Kepengurusan Lembaga Pos Pelayanan dan Teknologi (Posyantek) Desa Se Kabupaten OKU Selatan.

Mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Selatan Joni Rafles, AP.,M.Si. hadir langsung dan membuka secara resmi Rapat Koordinasi Kepengurusan Lembaga Pos Pelayanan dan Teknologi (Posyantek) Desa Se Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023, Kamis (26/01/2023).

Dalam laporan Kepala DPMPD Kabupaten OKU Selatan A. Romzi, S.E.,M.M. menyampaikan, bahwa tujuan digelarnya Rakor ini agar terbentuknya kepengurusam Lembaga Posyantek Desa Se Kabupaten OKU Selatan, yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, dan orientasi berbagai jenis inovasi teknologi tepat guna.

Rapat yang diselenggarakan di Aula Pemkab OKU Selatan ini diikuti oleh 6 Odang Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat, 20 Orang Pendamping Desa, dan 252 Orang Ketua Lembaga Posyantek Desa.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan yang sampaikan oleh Asisten I, menyampaikan bahwa dengan diselenggarakannya Rapat Koordinasi ini dapat meningkatkan Kerjasama dan Koordinasi pemangku kepentingan dalam rangka memanfaatkan teknologi tepat guna.

“Untuk para peserta Rakor, saya berpesan mari kita semua berupaya untuk selalu berperan dan berpartisipasi aktif dalam membangun Kabupaten kita yang kita cintai ini, melalui keahlian kita masing-masing, agar terwujud OKU Selatan mandiri dan sejahtera yang sama-sama kita dambakan,” ungkap Asisten I.

Dalam Rakor ini diisi dengan penyampaian materi oleh dua Narasumber, diantaranya Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Fery Antoni, S.T. dan Desty Octamerinda, M.M. Kepala Bidang Lembaga Kemasyarakatan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Dumber Daya Alam Tekhnologi Tepat Guna.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

PEMKAB OKU SELATAN GELAR BIMTEK PENATAUSAHAAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

BANDING AGUNG – Mewakili Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Kabupateb OKU Selatan, drs. Herman Azedi, S.KM., M.M., membuka Bimbingan Teknis Penata Usahaan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemkab OKU Selatan, Rabu (25/01/2022) malam.

Pada kegiatan yang digelar di Aula Graha Serasan Seandanan, Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan ini, Asisten III berharap agar apa yang dilaksanakan ini dapat menjadi pedoman dalam penatausahaan dan pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan daerah.

Untuk itu, ia berharap agar para peserta yang merupakan perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab OKU Selatan dapat mengikuti ini dengan penuh keseriusan sehingga apa yang diharapkan melalui kegiatan bimtek ini dapat bermanfaat dan dapat direalisasikan dalam pekerjaan di masing-masing OPD.

Sementara, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten OKU Selatan, M Rahmatullah, S.STP., M.M., mengungkapkan bimtek ini digelar untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang tertib, transparan, dan akuntabel meliputi tahap perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban.

Ia juga berharap agar pengelola keuangan pada OPD bisa lebih memahami tata kelola keuangan dengan baik, menjalankan, serta menindaklanjutinya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dimulai dari perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban keuangan, yang kemudian akan mempermudah implementasi untuk program-program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

PEMKAB OKU SELATAN GELAR RAPAT PEMANTAPAN TABLIGH AKBAR DALAM RANGKA PERINGTAN HUT KE-19 KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN 2023.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan H. Romzi S.E.,M.SI., pimpin Rapat Pemantapan kegiatan Tabligh Akbar dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Ke-19 Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023, Rabu (25/01/2023).

Dalam laporan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Selatan, Tabligh Akbar yang merupakan salah satu Kegiatan Penutup dari beberapa rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-19 Kabupaten OKU Selatan ini, yang akan dihadirkan Penceramah dari Ibu kota, Hj.Qotrunnada Syathiry, LC dan akan hadir juga Tilawah Ustadz Andre ( Juara I MTQ Tingkat Kabupaten Tahun 2022).

Adapun jadwal yang di sepakati Panitia Penyelenggara Kegiatan Tabligh Akbar pada hari Selasa Tanggal 31 Januari 2023, bertempat di Masjid Agung Al-Muhtadin Muaradua. Selanjutnya adapun undangan yang di siapkan Pemkab OKU Selatan kurang lebih 1500 yang akan di bagikan.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah sampaikan kegiatan seperti ini sudah dua tahun tidak dilaksanakan dikarnakan Pandemi Covid-19, ucapan rasa Syukur pada Peringatan HUT Ke- 19 Tahun ini kita bisa melaksanakan kegiatan Tabligh Akbar dan bisa mengobati rasa rindu Masyarakat OKU Selatan pada kegiatan Keagamaan seperti ini.

Selanjutnya Sekda juga harapannya kepada seluruh pihak yang masuk dalam kepanitiaan untuk bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan sarana dan prasarana kegiatan ini, serta terus jalin koordinasi yang baik demi menyukseskan Tabligh Akbar dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Ke-19 Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023.

Bertempat di Ruang Rapat Sekda, turut Asisten I dan Asisten III, Para Kepala OPD, Para Kepala Bagian, Ketua Pengurus Masjid Agung Al- Muhtadin, Camat Muaradua serta undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo Oku Selatan

DWP DINAS DUKCAPIL OKU SELATAN LAKSANAKAN PERTEMUAN RUTIN

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

Muaradua – Dharma Wanita Persatuan Dinas Dukcapil OKU Selatan Laksanakan Pertemuan Rutin

 

ACARA PELEPASAN PURNABAKTI SEKRETARIS DINAS DMPTSP

posted on Portal Resmi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by dpmptsp

Bertempat di Kantor Dinas Penanaman Modal dan pelayanan terpadu satu pintu, selasa (24/2023), diselenggarakan acara perpisahan atau Purnabakti Bapak Drs.Zakwani, Sekretaris Dinas PMPTSP. Acara yang berlangsung sederhana namun akrab tersebut diadakan di aula yang dihadiri langsung Kepala Dinas PMPTSP Bapak Haris Munandar, S.H., M.H. beserta seluruh staf.

Tetaplah menebar manfaat, memberikan masukan dan saran, meskipun Bapak Drs.Zakwani sudah berada di luar pemerintahan nanti, demi kemajuan DMPTSP yang mana sebagai pelayan masyarakat,ujar bapak Haris Munandar, S.H.,M.H

Kasubag Ajis Pandendri,SE juga mengungkapkan kenangannya pada masa-masa beliau menjabat sebagai sekretaris Dinas yang mendapatkan banyak ilmu,terutama terkait dengan ilmu dibidang ketata usahaan.

Bapak Drs.Zakwani mengawali masa baktinya sebagai PNS tahun 1995. Pada tahun 10 Januari 2019, Ia memulai karirnya di DPPTSP dengan menjabat sebagai Sekretaris dan tanggal 1 februari 2023 beliau melepas masa Purna baktinya.

Dalam sambutan perpisahannya, Drs.Zakwani berpesan kepada ASN PMPTSP  agar menjaga hubungan silaturahmi, pertemanan dan persaudaraan. “adapun tugas dan jabatan yang pernah Saya emban, tidak akan maksimal tanpa bantuan rekan kerja dan atasan, dengan bantuan itu pula Saya bisa menjalankan tugas-tugas yang diembankan kepada Saya. Maka, jagalah hubungan pertemanan dan persaudaraan,” ujar Bapak Drs.Zakwani.

Dan acara pun ditutup dengan Baca doa bersama.

BUPATI POPO ALI DAMPINGI GUBERNUR SUMSEL RESMIKAN GEDUNG PC NU OKU SELATAN

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., mendampingi Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru meresmikan Gedung PC NU Kabupaten OKU Selatan. Hal ini dilaksanakan usai menghadiri Rapat Paripurna dalam Rangka memperingati hari jadi ke-19 Kabupaten OKU Selatan, Selasa (24/01/2023).

Dalam kesempatan itu Ketua Cabang NU Kabupaten OKU Selatan, Sholehien Abuasir, S.P., M.Si., mengucapkan terimakasih kepada Gubernur dan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan atas hibah gedung yang terletak di Lingkungan VIII, Kampung Baru, kelurahan Bumi Agung, Kecamatan, Muaradua Kabupaten OKU Selatan.

“Terimakasih tentunya ini kehormatan luar biasa bagi kami, langsung didatangi Gubernur Sumatera Selatan, terimakasih telah menghibahkan gedung kepada kami. Semoga dengan dibangunnya gedung baru ini, kiprah NU di OKU Selatan semakin sukses,” ujar Wakil Bupati OKU Selatan ini.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru yang meresmikan Gedung baru PC NU ini berharap agar gedung baru ini dapat meningkatkan eksistensi NU di tengah masyarakat dan membawa keberkahan bagi masyarakat

Turut hadir dalam peresmian ini FKPD, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Asisten I,  Kabag Kesra, Pengurus MWC NU, BANOM NU, Lembaga NU serta undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

GUBERNUR SUMSEL H. HERMAN DERU HADIRI RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD OKU SELATAN, DALAM RANGKA PERINGATAN HARI JADI KE-19 KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN 2023.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru menghadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten OKU Selatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Ke-19 Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023, di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten OKU Selatan, Selasa (24/01/2023).

Dalam sambutannya, HD memuji perkembangan Kabupaten OKU Selatan dari tahun ke tahun. Dia melihat, Kabupaten OKU Selatan termasuk kabupaten atau wilayah yang perkembangannya cukup pesat.

Menurutnya, hari ulang tahun di setiap Kabupaten/kota adalah hal yang sangat berarti bagi dirinya, karena itulah HD selelu berupaya untuk menghadiri Paripurna Istimewa peringatan hari jadi setiap daerah di Sumsel.

“Saya sangat bangga dengan perkembangan OKU Selatan baik dari Pembangunan yang terus maju, Sektor Pertanian dan Pariwisata yang semakin berkembang. di bawah kepemimpinan Bupati Popo Ali Martopo, dan Wabup Sholehien Abuasir,” ujarnya

“Kabupaten OKU Selatan sudah sangat terkenal dengan berbagai potensi yang dimiliki baik di sektor Pertanian, Pariwisata dan juga ciri Khas OKU Selatan Kain Kawai Kanduk yang banyak di lirik dari Berbagai penjuru Kota dan daerah,” Sambung HD.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan OKU Selatan salah satu Kabupaten yang sangat banyak membantu Penurunan Angka Stunting di Sumatera Selatan, sehingga kasus stunting di Sumatera Selatan mendapat Penurunan Angka yang sangat pesat.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali M., B.Com., dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Herman Deru yang selalu menyempatkan hadir dalam kegiatan-kegiatan yang digelar di Kabupaten OKU Selatan, salah satunya seperti rapat paripurna istimewa ini.

Menurutnya, dalam beberapa tahun kepemimpinannya, Gubernur Herman Deru banyak memberikan perhatian dan turut andil dalam kemajuan di Kabupaten OKU Selatan. Baik melalui bantuan berupa anggaran, hingga kepercayaan terhadap Kabupaten OKU Selatan untuk menggelar sejumlah event besar salah satunya Sriwijaya Ranau Gran Fondo yang masuk dalam agenda (kalender) nasional.

Bupati Popo juga mengucapkan terimakasih kepada para perintis pemekaran Kabupaten OKU Selatan, karena jika bukan karena perjuangan dari para perintis ini tidak akan ada Kabupaten OKU Selatan seperti saat ini.

Bupati juga berharap kepada seluruh komponen masyarakat OKU Selatan untuk bersama menyatukan visi dan misi dalam membangun Kabupaten OKU yang lebih baik di masa yang akan datang. “Dengan Peringatan Hari Jadi Ke 19 Kabupaten OKU Selatan, Kita Wujudkan Maju Bersama Menuju OKU Selatan yang lebih sejahtera Sumsel Maju untuk semua,” pungkasnya.

Bupati Popo Ali juga melaporkan kepada Gubernur Sumsel bahwasannya, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan sudah 8 kali berturut-turut mendapatkan Penghargaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan RI, dengan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Setalah Rapat Paripurna Selesai dilanjutkan Penandatanganan Prasasti Pasar Tradisional Pasar Lubuk Dalam Kecamatan Kisam Tinggi.

Sidang Paripurna yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OKU Selatan Heri Martadinata, S.E., ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan, Para Bupati dan Wali Kota dari berbagi Kabupaten Sumsel, Anggota DPRD Provinsi Sumsel, FKPD, Dandim 0403, Wakil Ketua DPRD OKU Selatan, terkhusus hadir ditengah-tengah undangan, Perintis Kabupaten OKU Selatan Sekaligus Ketua P3KOS H. Muhtadin Sera’i dan Para OPD, Para Camat serta jajaran Pemda lainnya Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan, Penasihat DWP, Ketua IKATRI dan Anggota, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit, Ketua Adhyaksa Dharmakarini, Ketua DWP dan Anggota, Para Kepala Instansi Vertikal, Kepala BUMN/BUMD, serta Para Perintis pemekaran Kabupaten OKU Selatan P3KOS dan undangan lainnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

DALAM PERINGATAN HUT KE- 19 KABUPATEN OKU SELATAN PEMKAB OKU SELATAN GELAR HIBURAN RAKYAT BERSAMA ARTIS IBU KOTA FITRI CARLINA.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Masyarakat Kabupaten OKU Selatan sangat antusias menyaksikan hiburan rakyat dalam rangka HUT OKU Selatan Ke-19 yang dimeriahkan artis ibu kota Fitri Carlina dan sederet Artis Provinsi Sumatera Selatan, di Stadion Mini Bumi Agung Muaradua, Minggu Siang (22/01/2023).

Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Popo Ali.,M.B.Com, dalam sambutannya mengatakan selamat ulang tahun Kabupaten OKU Selatan Ke-19, dengan Bertambahnya usia Kabupaten ini menjadi motivasi untuk Maju Bersama Menuju OKU Selatan yang lebih sejahtera, segenap jajaran Pemerintah Kabupaten OKU Selatan mengucapkan terimakasih atas partisipasi bapak ibu semua.

Selanjutnya Bupati Popo Ali juga menghimbau, kepada para penonton untuk tetap berhati-hati karena suasana yang sangat ramai jaga diri sendiri dan orang lain agar bisa terhindar dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bupati Popo juga ungkapkan agar penonton semua dapat mematuhi peraturan, tidak ada kerusuhan sehingga kegiatan pesta rakyat bisa berjalan damai sampai dengan acara selesai,” ujarnya.

Turut hadir di Panggung Kehormatan, Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Sholehien Abuasir, S.P., M.Si., FKPD, Para Kepala OPD, Para Ketua Oganisasi Wanita, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Para Camat, Para Ketua Organisasi Wanita Kecamatan, Para Organisasi Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta Masyarakat Kabupaten OKU Selatan dan undangan lainnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN OKU SELATAN YANG KE-19 TAHUN

posted on by disparbud oku selatan

Ulang Tahun Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang ke 19 Tahun ini mengusung Tema MAJU BERSAMA MENUJU OKU SELATAN YANG LEBIH SEJAHTERA

SELAMAT HARI JADI KE-19 KABUPATEN OKU SELATAN

posted on PADAMU NEGERI JIWA RAGA KAMI by kec-muaradua

BUPATI POPO SAMBANGI KORBAN KEBAKARAN DI KELURAHAN KAMPUNG MASJID KECAMATAN MUARADUA.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua ( 20/23 ) Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Popo Ali M.B.Com. sambangi korban bencana kebakaran di kelurahan Kampung Masjid Kecamatan Muaradua, Jum’at ( 20/01/2023 ) .

Dalam pristiwa kebakaran yang terjadi Pada Hari Rabu tanggal 18 januari 2023, Pukul 15.40 wib, yang mana diketahui dari peristiwa tersebut ada 7 (Rumah ) yang terbakar diantara 3 Rumah habis terbakar, 2 Rumah Terdampak rusak berat, 2 Rumah rusak ringan, dari informasi yang didapat diduga api bersumber dari korsleting listrik yang perlahan membakar habis rumah, tidak ada korban jiwa namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Bupati OKU Selatan berserta Jajaran Meninjau langsung lokasi kebaakaran untuk melihat secara langsung kondisi korban rumah yang sudah rata dengan tanah dan memastikan bantuan yang dikirim pemerintah telah sampai dan digunakan dengan tepat.

“Bupati dalam hal ini juga sampaikan rasa duka yang mendalam terhadap korban dan keluarga, Mudahan-mudahan kedatangan kami ini dapat meringankan beban korban kebakaran, saya berharap agar korban sabar menghadapi musibah ini,” ungkap Bupati.

Selanjutnya Bupati Popo juga memberikan motivasi dan semangat terhadap korban dan keluarganya, agar tidak larut dalam kesedihan. “Tetap semangat dan selalu bersukur atas cobaan ini, karena sesungguhnya Allah akan menguji umat nya bagi yang mampu menjalaninya,” terang Bupati.

“Kepada Camat maupun Dinas terkait untuk membantu apa pun yang menjadi keperluan korban baik itu sembako, pakainya, maupun bantuan berupa material bangunan guna sedikit meringankan bebas bencana kebakaran tersebut,”ungkap Bupati popo.

Bertempat di kelurahan Kampung Masjid. Kecamatan Muaradua. Dan turut dihadiri. Kapolres yang mewakili, Kadinsos, Kadin Perkim, Kepala BPBD, Kadin Capil. Camat Muaradua. Dan undangan lainnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

WAKILI BUPATI, ASISTEN BIDANG ADMINISTRASI DAN PEMBANGUNAN OKU SELATAN HADIRI RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA PERINGATAN HUT OKU TIMUR KE-19

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MARTAPURA – Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) Drs Herman Azedi S.KM., M.M., mewakili Bupati OKU Selatan menghadiri Rapat Paripurna Istimewa dalam Rangkap Memperingati HUT Kabupaten OKU Timur di Sekretariat DPRD OKU Timur, Kamis (19/01/2023).

Dalam kesempatan itu, Herman Azedi mengucapkan selamat memperingati hari jadi kepada OKU Timur yang seyogyanya memiliki umur yang sama dengan kabupaten OKU Selatan. Ia juga mengapresiasi kemajuan dan Langkah yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk kemajuan daerah.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OKU Timur H Beni Dafitson dan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru, Bupati OKU Timur Wakil Bupati, Forkopimda dan para pejabat lainnya serta Ketua Kormi Sumsel, Hj Samantha Tivani Herman Deru.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumsel, H Herman Deru Kembali mengajak agar seluruh jajaran di kabupaten OKU Timur untuk menggencarkan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Herman Deru menyebutkan program GSMP itu sederhana yang mana hanya memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam kebutuhan bahan pokok seperti cabai, tomat, ternak ayam telur dan ikan.

“Ini sederhana, kita membentuk kemandirian pangan dengan memanfaatkan perkarangan rumah. Misalnya dari 10 pot yang ada dirumah saya minta 3 pot saja untuk ditanamkan kebutuhan pokok,” ungkapnya.

Melalui program GSMP ini juga, Herman Deru menyebutkan sejak dilaunchingnya pada akhir tahun 2021 telah terbukti berhasil mengendalikan inflasi. “Kita Sumsel masuk 10 provinsi di Indonesia yang berhasil mengendalikan inflasi hal ini berkat program GSMP,” katanya.

Untuk itu, Herman Deru mengajak semua pihak untuk dapat memberikan contoh dan mengajak masyarakat agar dapat melakukan kemandirian pangan di keluarga termasuk penurunan angka stunting. “Kita harus bersatu dan berkomunikasi dalam menyelesaikan persoalan ini apalagi Sumsel ini sebagai daerah penghasil pangan 5 besar nasional,” tutup Herman Deru.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

PEMKAB OKU SELATAN SALURKAN BANTUAN KEPADA KORBAN KEBAKARAN DI KELURAHAN PASAR MUARADUA

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) kembali berduka. Sebuah bencana kebakaran kembali melanda, Rabu (18/01/2023) sore, tepatnya di Kelurahan Pasar Muaradua, Kecamatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Sebanyak enam rumah yang dihuni oleh tujuh keluarga hangus terbakar dalam musibah ini. Api diketahui menghanguskan rumah begitu cepat dikarenakan kondisi permukiman yang cukup padat.

Untuk meringankan beban para korban, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan bersama Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKU Selatan, Ketua BAZNAS, para kepala OPD serta perwakilan dari organisasi wanita di Kabupaten OKU Selatan mengunjungi para korban sekaligus menyalurkan bantuan berupa dana, sembako dan sejumlah jenis bantuan lainnya, Kamis (19/01/2023).

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten OKU Selatan, Joni Rafles, AP., M.Si., mengungkapkan pemerintah Kabupaten OKU Selatan sangat berduka atas kejadian ini. Kepada para korban, Joni Rafles mengatakan agar senantiasa diberikan kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi musibah ini.

Menurutnya, hal ini bukanlah sesuatu yang dikehendaki. Dan tentunya, lanjut Joni Rafles agar kejadian ini dapat menjadi pelajaran sehingga diharapkan kejadian serupa tak terulang.

“Semoga korban diberikan kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi musibah ini, dan semoga bantuan yang diberikan hari ini dapat sedikit meringankan beban bagi para korban,” ungkapnya.

Rasa duka juga disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo. “Kita merasakan duka yang sama semoga kejadian ini bisa jadi pelajaran kita bersama agar tidak terulang kembali,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, lanjut perempuan yang akrab disapa Bunda Isyana ini bahwa juga turut hadir para kepala OPD yang berkaitan dengan pasca musibah ini, khususnya untuk mengurus berkas-berkas yang terbakar sehingga diharapkan dapat kian meringankan beban korban.

“Saya berharap kita semua tabah dan mampu melewati semua cobaan ini,” pungkasnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

DISDUKCAPIL TANGGAP MUSIBAH KEBAKARAN

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

DISDUKCAPIL  TANGGAP MUSIBAH KEBAKARAN

dengan menerbitkan Dokumen Kependudukan Bagi Korban Musibah Keabakaran

BAGIAN HUKUM SETDA OKU SELATAN GELAR RAPAT PERSIAPAN PELAKSANAAN PENYUSUNAN LAPORAN KABUPATEN PEDULI HAM.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan H. Romzi S.E.,M.SI. di dampingi Assisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Selatan Joni Rafles. AP.,M.Si., Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Penyusuna Laporan Kabupaten Peduli HAM, Kamis (19/01/2023).

Dalam Laporan Kepala Bagian Hukum Setda OKU Selatan Yusrinawati, S.H.,M.T., sampaikan tujuan dari Rapat ini untuk Koordinasi bersma OPD dalam Persiapan Penyusunan Laporan Kabupaten Peduli HAM, dan adapun yang harus dipersiapkan masing- masing OPD baik data maupun pendukung lainnya. Dengan harapan Kabupaten OKU Selatan mendapatkan Penghargaan.

Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) adalah rencana aksi yang disusun sebagai pedoman pelaksanaan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan dan penegakan HAM di Indonesia.

Tujuan RANHAM adalah meningkatkan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan, dan penegakan HAM di Indonesia dengan mempertimbangkan nilai-nilai agama, moral, adat istiadat, budaya, dan keamanan serta ketertiban bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945.

Selanjutnya Masing-masing kelompok kerja diharapkan untuk membuat laporan data HAM dan indikator implementasi HAM. Laporan data dan indikator implementasi HAM adalah laporan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing SKPD sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yang berkaitan pelaksanaan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan, dan penegakan HAM dengan berdasarkan format yang ditentukan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Selanjutnya dalam arahan Sekretaris Daerah sampaikan dukungan penuh terhadap rencana persiapan penyusunan laporan Kabupaten Peduli HAM, semoga Kabupaten OKU Selatan bisa mendapatkan Penghargaan Kembali, sebagai bukti hasil kinerja yang baik dari semua pihak sehingga bisa menghasilkan sebuah penghargaan untuk Kabupaten OKU Selatan.

Sekretaris daerah juga tekankan kepada peserta rapat untuk segera tindaklanjuti hasil rapat, dan segera lengkapi data pendukung sehingga proses penyusunan dapat berjalan dengan bail dengan waktu yang sudah di tentukan.

Bertempat di Ruang Rapat Sekda, turut hadir Para Kepala Badan, Para OPD yang membidangi.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

ASISTEN BIDANG PEMERINTAHAN DAN KESRA AJAK OPD BEKERJASAMA SUKSESKAN KEGIATAN PERINGATAN HUT OKU SELATAN KE-19

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Joni Rafles, AP., M.Si., mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan berbagai pihak terkait lainnya untuk turut mendukung kesuksesan seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten OKU Selatan ke-19, khususnya saat pelaksanaan rapat paripurna istimewa nanti.

Ia meminta agar setiap pihak dapat bekerjasama mendukung kegiatan ini sehingga berbagai persiapan jelang rapat paripurna ini dapat dimatangkan agar tidak ada kendala saat pelaksanaan.

“Pak Bupati meminta kita semua harus menyiapkan agar acara di sidang paripurna istimewa HUT OKU Selatan berjalan dengan lancar dan apa yang blum siap untuk segera berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait agar nantinya semua berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkapnya saat memimpin rapat persiapan di Ruang Rapat Sekda OKU Selatan, Rabu (18/01/2023) siang.

Tak hanya antar OPD d lingkungan Pemkab OKU Selatan, Asisten I Setda OKU Selatan ini juga menginstruksikan agar Bagian Tapem dan Bagian Protokol untuk berkoordinasi dengan pihak provinsi Sumsel sehingga tidak akan ada kekeliruan saat hari pelaksanaan nanti.


Hadir dalam rapat ini Asisten II, Kadin PU TR, Kadin Perkim, Kadin Koperindag, Kadin Parbud, Kadishub, Kadin SatPol PP, Kadin Pertanian, Kadin Kominfo, Sekwan, Kabag UP, Kabag Tapem, Kabag Prokopim.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

PEMKAB OKU SELATAN MELALUI DINAS KESEHATAN IKUTI RAKOR BERSAMA KEMENTRIAN PANRB SECARA VIRTUAL.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua ( 18/23 ) Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui Dinas Kesehatan mengikuti Meeting Persiapan Desk Rencana Kebutuhan Tenaga Kesehatan dan Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 212 Tahun 2022 terkait Penggunaan DAU untuk Formasi PPPK Tenaga Kesehatan 2023, Rabu ( 18/23/2023 ).

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 212 /PMK.07/2022 tentang Indikator Tingkat Kinerja Daerah dan Ketentuan Umum Bagian Dana Alokasi Umum yang Ditentukan Penggunaannya Tahun Anggaran 2023. Lampiran PMK tersebut secara terperinci mencantumkan jatah DAU 545 Kabupaten Kota dan Provinsi, untuk gaji PPPK 2022 dan PPPK 2023.

Sejumlah pasal dalam PKM Nomor 212 /PMK.07/2022 mengatur mekanisme penggunaan DAU untuk pembayaran gaji dan tunjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK formasi 2022 dan 2023.

Bagian DAU Penggajian Formasi PPPK untuk Formasi PPPK tahun 2022 dihitung sebanyak 9 bulan gaji dan tunjangan melekat, ditambah gaji dan tunjangan melekat untuk gaji ke-13 dan gaji tunjangan melekat Tunjangan Hari Raya, demikian keterangan yang tertulis di bagian lampiran.

Pasal-pasal di PMK terkait Gaji PPPK Pasal 2 Bagian DAU yang ditentukan penggunaannya terdiri atas
a. penggajian formasi PPPK.
b. pendanaan Kelurahan
c. bidang pendidikan
d. bidang kesehatan dan
e. bidang pekerjaan umum.

Pasal 3 (1) Bagian DAU yang ditentukan penggunaannya untuk penggajian formasi PPPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a ditentukan berdasarkan:
a. jumlah formasi PPPK;
b. gaji pokok dan tunjangan melekat; dan
c. jumlah bulan pembayaran gaji PPPK.

Pasal 4 (1) Penggunaan bagian DAU penggajian formasi PPPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a dilakukan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal 5 (1) Bagian DAU penggajian formasi PPPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a merupakan pendanaan yang digunakan untuk pembayaran gaji pokok dan tunjangan melekat pada formasi PPPK tahun 2022 dan tahun 2023 yang diangkat pada tahun 2023 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(2) Formasi PPPK tahun 2022 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak termasuk PPPK,
a. yang telah lulus dan memperoleh nomor induk pegawai pada tahun 2022 dan
b. yang telah diangkat menjadi ASN di Daerah.

(3) Jumlah formasi PPPK tahun 2022 dan tahun 2023 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berdasarkan penetapan kebutuhan formasi tahun 2022 dan proyeksi kebutuhan formasi tahun 2023 yang disampaikan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

(4) Rincian jumlah formasi PPPK tahun 2022 dan tahun 2023 yang diperhitungkan dalam bagian DAU penggajian formasi PPPK sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam huruf A Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

Bertempat di Ruang Vidcon Diskominfo turut hadir Sekretaris Dinas Kesehatan, Kepala BKPSDM, Kepala Bappeda Litbang, Kepala BPKAD, Direktur RSUD, Kabag Ortala.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

H AHMAD TASYRI TERPILIH SEBAGAI KETUA BAZNAS OKU SELATAN 2023-2028

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – H. Ahmad Tasyri, S.H., terpilih sebagai Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) periode 2023-2028. Hal ini ditetapkan usai Rapat Pleno Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Baznas Kabupaten OKU selatan di Ruang Rapat Sekda OKU Selatan, Rabu (18/01/2023) pagi.

Wakil Ketua III Baznas OKU Selatan, Matnuri. S, A.Ma.,Pd., menyampaikan bahwa Ahmad Tasyri terpulih melalui musyawarah pengurus Baznas pada tanggal 17 November 2022 lalu yang dihadiri oleh seluruh pengurus Baznas.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil musyawarah tersebut, terpilih juga Wakil Ketua I, A. Rakhman Saleh, A.Ma.Pd., Wakil Ketua II Januari dan Wakil Ketua III sekaligus merangkap IV Matnuri.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten OKU Selatan, Joni Rafles, AP., M.Si., yang memimpin langsung rapat pleno ini mengungkapkan para pimpinan Baznas ini nantinya akan dilantik oleh Bupati OKU Selatan setelah SK dikeluarkan, sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Ia berharap agar para pimpinan Baznas ini dapat terus menjalin sinergi dengan pemerintah untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan daerah.

Ditambahkan Kakan Kemenag OKU Selatan, H.Syarif,S.Ag, M.Pd.I., yang berharap agar ke depan kinerja Baznas tetap berpegang teguh terhadap kaidah keagamaan seperti ilmu fiqh dan aturan pengelolaan zakat sesuai ajaran islam.

Tampak hadir dalam rapat ini Ketua MUI OKU Selatan, Kadin Kominfo, Kabag Kesra, Seluruh Pimpinan Baznas OKU selatan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

RAKER AWAL TAHUN 2023

posted on Portal Resmi Inspektorat Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by inspektorat

Sebagai bentuk dari aktualisasi komitmen, ikhtiar, dan tekad yang kuat dalam penilaian beberapa penyelenggaraan tugas,   Inspektorat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintahan (APIP) Lingkup Internal Pemkab. Inspektorat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan tidak terlena namun terus berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia untuk lebih teliti, dalam rangka peningkatan pengendalian Internal, guna penilaian atas laporan akuntabilitas dan evaluasi pelaksanaan fungsi APIP secara optimal untuk mewujudkan kinerja satker Inspektorat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan lebih baik.

Dengan tekad memberikan kinerja yang Baik ditahun 2023 ini. Acara ini dibuka secara resmi oleh Inspektur Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan,  H, Ramin Hamidi, SE, MH, CGAA, dan dihadiri oleh Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan,para Irban I, II, III, IV dan Irban Pencegahan dan Investigasi beserta Auditor, P2UPD yang diselenggarakan di aula Inspektorat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Inspektur Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dalam sambutannya berharap Inspektorat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan bisa terus menjadi institusi yang dapat diandalkan dan memberikan assurance terhadap kualitas pengelolaan keuangan daerah yang baik untuk menciptakan kepercayaan masyarakat.

“Dipercaya oleh publik, transparan, akuntabel, dan ini adalah bagian dari fondasi menciptakan kepercayaan publik yang nilainya priceless.” ungkapnya

TINGKATKAN MANAJEMEN DAN EFEKTIVITAS KINERJA ASN, BKPSDM OKU SELATAN LAKUKAN STUDI TIRU KE BKPSDM LUBUKLINGGAU

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan manajemen dan pelaksanaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Kepala BKPSDM OKU Selatan melakukan Studi Tiru ke BKPSDM Kabupaten Lubuklinggau terkait sistem merit yang dilaksanakan Senin hingga Rabu (16/18/01/2023).

Kepala BKPSDM OKU Selatan, Eva Nirwana, S.IP., M.M., menuturkan, pihaknya memilih untuk melakukan studi tiru ke Pemkab Lubuklinggau karena penerapan sistem merit di Kabupaten ini sudah menggunakan aplikasi dan telah mendapat predikat baik dari pemerintah pusat.

Dalam kesempatan itu, Eva Nirwana mengucapkan terimakasih atas sambutan yang baik dari pihak BKPSDM Lubuklinggau dan berharap apa yang dilakukan ini dapat bermanfaat baik bagi Kabupaten OKU Selatan maupun Pemkot Lubuklinggau selaku tuan rumah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan penerapan sistem merit di lingkungan Pemkab OKU Selatan dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Kunjungan ini, jelasnya, untuk menindaklanjuti Pasal 1 undang-undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Di mana disebutkan bahwa sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

Sementara, perwakilan BKPSDM Kota Lubuklinggau menyambut baik kedatangan pihak BKPSDM OKU Selatan. Hal ini, selain sebagi ajang silaturahmi juga merupakan ajang berbagi ilmu dan pengalaman untuk meningkatkan kinerja ASN dan memberikan yang terbaik untuk daerah.

Sumber: Diskominfo Oku Selatan

DISDUKCAPIL OKU SELATAN LAYANI PENERBITAN AKTA PERKAWINAN

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

Muaradua – Akta Perkawinan adalah pencatatan perkawinan bagi mereka yang telah melangsungkan pernikahan sesuai dengan hukum dan tata cara agama selain agama islam

MASYARAKAT ANTUSIAS IKUTI JALAN SANTAI DAN SENAM SEHAT PERINGATAN HARI JADI OKU SELATAN KE-19

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) yang datang dari berbagai kalangan berkumpul dan meramaikan kegiatan jalan santai dan senam sehat dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-19 Kabupaten OKU Selatan, Minggu (15/01/2023) pagi.

Jalan santai yang melalui rute beberapa kilometer dengan start dari Gedung Kesenian Muaradua dan Finish di Stadion Mini Bumi Agung, Muaradua ini juga diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK OKU Selatan, Forkopimda ataupun yang mewakili, Sekda, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Muaradua dan sejumlah pejabat di wilayah Kabupaten OKU Selatan ini tampak meriah dan antusias diikuti oleh masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Bupati Popo Ali mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat yang sangat antusias mengikuti jalan santai untuk memeriahkan peringatan hari jadi Bumi Serasan Seandanan ini.

Menurutnya, hal ini menjadi ajang silaturahmi sehingga diharapkan dapat meningkatkan rasa kekeluargaan, persatuan antar masyarakat Kabupaten OKU Selatan sehingga Kabupaten OKU Selatan senantiasa dalam keadaan aman, nyaman dan kondusif.

Bupati OKU Selatan dua periode ini juga mengajak masyarakat untuk sama-sama berdoa yang terbaik untuk kemajuan Kabupaten OKU Selatan ke depan di momen peringatan hari jadi ini.

Pada kesempatan jalan santai dan senam sehat ini diundi sejumlah hadiah menarik mulai dari hadiah hiburan seperti setrika dan lainnya, dispenser, televisi, lemari dan hadiah-hadiah lainnya hingga hadiah utama dua unit sepeda listrik.

Sumber: Diskominfo Oku Selatan

SEJUMLAH EKTP YANG RUSAK ATAU INVALID DIBAKAR UNTUK DIMUSNAHKAN

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

Muaradua – Ratusan Ektp rusak atau imvalid dibakar untuk dimusnahkan.

Hal ini sesuai dengan surat edaran dari kemendagri Nomor 470.13/11176/sj tentang penatausahaan ektp rusak atau invalid

KONSULTASI MENGENAI PENGAJUAN USULAN PERJANJIAN KERJA SAMA PEMANFAAT DATA BAGI OPD PEMERINTAHAN OKU SELATAN

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

KONSULTASI MENGENAI PENGAJUAN USULAN PERJANJIAN KERJA SAMA (PKS) PEMANFAATAN DATA DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN KABUPATEN OKU SELATAN

JAKARTA – Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten OKU Selatan Bpk. Anas Muslim, S.H melaksanakan giat konsultasi mengenai pengajuan usulan Perjanjian Kerja Sama ( PKS ) pemanfaatan data dilingkunan pemerintah kabupaten OKU Selatan. Ke Direktorat Jendral DUKCAPIL KEMENDAGRI DKI Jakarta

Seperti diketahui, data kependudukan terdiri dari data perorangan yang digunakan untuk pemanfaatan pelayanan publik dan urusan lainnya yang menyangkut pelayanan publik

untuk itu Melalui Perjanjian Kerja Sama ( PKS ) ini Nantinya seluruh Instansi Pelayan Publik dilingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan diharapkan dapat memanfaatkan data kependudukan melalui hak aksesnya masing – masing .

PEMKAB OKU SELATAN APRESIASI ORGANISASI PWRI UNTUK MEMBANTU DALAM MEMAJUKAN DAERAH

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan H. Romzi S.E.,M.Si., Terima secara langasung Silaturahmi dan Pertemuan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Sumsel dengan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten OKU Selatan, Kamis (12/01/2022).

Dalam sambutannya Sekretaris PWRI Provinsi Sumatera Selatan, Drs. Rhm Mansyur Yan sampaikan ucapan Terimakasih atas sambutan yang sangat baik dan luar biasa oleh Jajaran Pemerintah OKU Selatan, PWRI atau Persatuan Wredatama Republik Indonesia adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun purnabakti pegawai negeri sipil di Indonesia.

Wredatama yang berdiri dalam wadah PWRI ini merupakan para anggota yang dinyatakan selesai menjalankan tugas-tugasnya sebagai PNS dan juga telah selesai melaksanakan dan mengabdi terhadap bangsa, negara selama masa bhaktinya. Kemudian Wredatama juga merupakan komponen bangsa yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan anggota masyarakat lainnya, sehingga perlu ditingkatkan perkembangannya agar mampu mendiri dan berperan serta dalam pembangunan nasional.

Keberadaan PWRI ke depan masih sangat dibutuhkan karena dari tahun ke tahun masih banyak PNS yang akan memasuki masa pensiun. Oleh karena itu organisasi PWRI memiliki tugas penting dalam rangka penyempurnaan organisasi seperti konsolidasi, perlindungan hak, dan peningkatan kesejahteraan anggota. Semua itu tak lain agar anggota PWRI lebih mantap dan memiliki keyakinan berkiprah dan berpartisipasi dalam pembangunan khususnya di OKU Selatan.

Selanjutnya Sekretaris Daerah juga ucapkan trimakasih dan selamat datang di OKU Selatan, serta mengapresiasi eksistensi Wredhatama ini, karena ini para senior dan guru kami, organisasi ini menghimpun Para Pensiun sehingga dapat terus Aktif dan Produktif di tengah- tengah Masyarakat. Sekda juga ungkapkan Bupati Popo Ali sangat memperhatikan betul organisasi yang ada di OKU Selatan, salah satunya PWRI ini karena organisasi ini para senior dan juga Anggotanya banyak ikut serta dalam membangun Kabupaten OKU Selatan.

“Sekda juga berharap agar PWRI bisa selalu memberikan kontribusi, pemikiran saran kepada Pemerintah OKU Selatan, berdasarkan pengalaman yang telah dilewati serta dapat dijadikan pedoman sebagai penambah pengetahuan meskipun saat ini telah banyak sistem yang telah di inovasi secara digitalisasi,” ujarnya.

Undangan secara lisan yang disampikan Sekda kepada Jajaran PWRI Sumatera Selatan maupun Kabupaten, untuk mengajak ikut serta memeriahkan semua rangkaian Peringatan HUT OKU Selatan Ke-19 Tahun 2023.

“Disambung juga salah satu anggota PWRI Sumsel, mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten OKU Selatan, semoga OKU Selatan semakin Maju dan Bermartabat,” ungkapnya.

Kepala BKPSDM Kabupaten OKU Selatan Eva Nirwana, S.I.P., M.M.,, juga sampaikan terkait mekanisme Pelepasan Para Purnabakti pegawai negeri sipil di OKU Selatan, bahwasanya setiap Purnabakti yang telah memasuki tahun Pensiun selalu dilepas dan diberi penghargaan oleh Pengurus Korpri OKU Selatan, serta Korpri OKU Selatan setiap tahunya selalu memberikan bantuan Hewan Korban sapi kepada pengurus masjid untuk dibagikan kepada Masyarakat, selanjutnya pada waktu Pandemi Covid-19 tahun lalu Korpri OKU Selatan memberikan Bantuan berupa uang tunai sebesar 50 juta rupiah.

Bertempat di ruang rapat terbatas Bupati, turut hadir Asisten III, Kepala Dinas Kominfo, Kepala BKPSDM, Perwakilan Kesabangpol serta para jajaran pengurus PWSI SUMSEL dan Kabupaten OKU Selatan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

BERSAMA BAHAS RENCANA SOSIALISASI TERHADAP PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN

posted on Disnakertrans by disnakertran

Baturaja – Kamis (12/01/23) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan OKU RAYA, membahas terkait dukungan terhadap program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Disnakertrans mengajak BPJS Ketenagakerjaan untuk mensosialisasikan Progam-progam BJPS Ketenagakerjaan Serta manfaat bagi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, yang tujuannya agar meningkatkan lebih pemahaman peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Yang mana banyak kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang telah di daftarkan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Selatan beberapa waktu lalu. Namum belum mengetahui secara luas dan menyeluruh terkait manfaat BPJS Ketenagakerjaan serta cara memperoleh manfatnya tersebut.

Intinya tidak hanya di daftarkan sebagai kepesertaan saja, terlebih lagi suatu saat peserta BPJS Ketenagakerjaan tersebut dapat mengambil maanfaatnya, yang tentunya sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Sosialisasi tersebut rencanya akan dilaksanakan Bulan Februari 2023 kepada para Perangkat Desa, BPD, RT, RW dan Limnas se-Kabupaten OKU Selatan.

BUPATI POPO ALI RESMIKAN MASJID NURUL HUDA DESA PADANG SARI

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., meresmikan Masjid Nurul Huda Desa Padang Sari, Kecamatan Buay Runjung, Kabupaten OKU Selatan, Rabu (11/01/2023) pagi.

Dikatakan Bupati, kagiatan ini tidak hanya dalam rangka meresmikan Masjid akan tetapi menjadi ajang silaturahmi. Bupati Popo Ali juga mengapresiasi gotong royong yang dilakukan masyakarat dalam membangun masjid ini.

“Berawal dari rencana niat membangun rumah ibadah, alhamdulialh dengan niat dan kerjasama bisa terpenuhi. Gotong royong Kepala Desa, Perangkat Desa dan masyarakat tergerak untuk membangun rumah ibadah, terbukti jika ada niat insyallah tujuan bersama akan tercapai,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Pembangunan Masjid Nurul Huda, Muhtason menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten OKU Selatan yang juga turut mendukung pembangunan masjid ini di samping mengucapkan selamat datang kepada Bupati dan jajaran.

“Selamat datang rombongan Bupati terimakasih telah berkunjung ke tempat kami untuk meresmikan rumah ibadah, kami ucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan untuk membangun Masjid Nurul Huda di Desa Padang Sari, dengan berdirinya Masjid tentu banyak manfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat di Desa Padang Sari, selain sebagai rumah ibadah juga untuk kegiatan menambah pengetahun keislaman lainnya,” ujarnya.

Hal senada juga diucapkan oleh Kepala Desa Padang Sari, Zainul Hasan. Dalam kesempatan itu dia juga mengucapkan terimakasih atas kedatangan Bupati untuk meresmikan masjid ini.

Usai meresmikan Masjid Nurul Huda Bupati OKU Selatan menyambangi korban angin puting beliung yang disertai hujan batu es di Desa Padang Sari dan Padang Bindu Kecamatan Buay Runjung. Hal ini terjadi pada Selasa (10/01/2023) sore.

Bupati Popo Ali juga memberikan bantuan sejumlah uang, perlengkapan sekolah dan sembako kepada korban. “Semoga musibah ini tidak terjadi lagi, untuk korban agar bisa sabar dan banyak berdoa memohon perlindungan Allah SWT,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam kesempatan itu Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kadin PUTR, Kadin Perkim, Kadin Kominfo, Kabag Kesra, Kabag UP, Camat Buay Runjung.

Sumber:  Diskominfo Oku Selatan

Rapat Rutin (DPMPTSP) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

posted on Portal Resmi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by dpmptsp

Muaradua,11 januari 2023, bertempat di,Ruang Rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan menggelar rapat rutin peningkatan dan penegasan tugas dan fungsi di tahun 2023.

Adapun pembahasan tersebut yaitu :

  1. Membicarakan tentang kedisiplinan
  2. Membacakan piket harian
  3. Pembagian Tugas kepada jajaran staf
  4. kinerja pegawai
  5. sesi tanya jawab

Di akhiri rapat kepala dinas dengan menyampaikan kesimpulan bahwa staf harus mempunyai karakter yang baik, banyak kekurangan kita tapi ini semua adalah awal pembelajaran, kita akan memperbaikinya.

PENANDA TANGANAN BERITA ACARA KESESUAIAN DATA USULAN PENERBITAN SHM TRANSMIGRASI TAHUN 2023

posted on Disnakertrans by disnakertran

Muaradua – Rabu, (11/01/2023), Bertempat di Kantor Pertanahan Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Kantor Pertanahan Kabaupaten OKU Selatan-Albert Median Penjaitan
(PIHAK PERTAMA) bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten OKU Selatan-Darmawan ( PIHAK KEDUA), telah menandatangani Berita Acara Kesesuaian Data Usulan Penerbitan SHM Transmigrasi Tahun 2023.

Dalam Berita Acara tersebut bahwa Pihak Pertama dan Pihak Kedua, telah melakukan penelitian dan penyesuaian basis data sertipikasi tanah-tanah transmigrasi tahun 2021-2022, yang ada di Wilayah Kabupaten OKU Selatan.

Selanjutnya pada tahun 2023 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan melaksanakan Inventarisasi/Pendataan Lokasi Transmigrasi yang terdapat di Desa Damarpura Kecamatan Buana Pemaca, Desa Lubar Kecamatan Simpang, Desa Simpang Saga Kecamatan Buay Runjung.

Dari hasil pendataan tersebut akan diketahui Subyek Bidang-bidang tanah pada lokasi transmigrasi serta bidang-bidang tanah yang belum bersertipikat. Adapun bidang-bidang tanah yang belum bersertipikat yang nantinya akan ditindaklanjuti pensertipikatannya pada tahun 2024.

BADAN PERLINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (BP2MI) SUMSEL AJUKAN KERJA SAMA DENGAN PEMKAB OKU SELATAN

posted on Disnakertrans by disnakertran

Muaradua- Selasa (10/01/2023) Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Sumatera Selatan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Selatan Joni Rafles,AP,M.Si. Mewakili Bupati OKU Selatan yang didampingi Kepala Disnakertrans Kabupaten OKU Selatan Darmawan,SE,M.Si. menyambut rekan-rekan dari perwakilan BP2MI Sumsel.

Dalam hal ini perwakilan BP2MI Sumsel mengajukan nota kesepakatan ingin menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terkait Perlindungan Pekerja Migran Indonesia yang berasal dari wilayah OKU Selatan, dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia secara utuh dan menyeluruh.

Berdasarkan data database CNC BP2MI dari tahun 2017 sd 2022, Jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Kabupaten OKU Selatan sebanyak 56 Orang.

Selanjutnya Asisten I Joni Rafles,AP,M.Si. menanggapi. Pemerintah Kabupaten OKU Selatan mendukung sepenuhnya dalam upaya memberikan perlindungan kepada Calon PMI/PMI serta keluarganya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Terkait MoU nya kita pelajari dan diproses susuai tahapan-tahapannya.

Sebagai Leading Sektor, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten OKU Selatan Darmawan,SE,M.Si. juga upaya mendukung tersebut dan menunggu petunjuk dan arahan selanjutnya dari Bupati OKU Selatan.

Bertempat di Ruangan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Selatan

KOMISI I DPRD HARAPKAN KPU KABUPATEN OKU SELATAN DAPAT MEWUJUDKAN PEMILU BERKUALITAS DAN BERINTEGRITAS TAHUN 2024.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA -Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) Afri Zaini,Sp., terima secara langsung Jajaran KPU Kabupaten OKU Selatan, dalam Audiensi terkait Persipan Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024, Selasa (10/01/2023). Bertempat di Ruang Rapat Komisi I DPRD OKU Selatan.

Dalam Sambutan Ketua Komisi I menyampaikan apresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah mempersiapkan dan menyusun tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum baik Pilpres dan Pileg, serta Pemilihan Kepala Daerah Serentak Nasional 2024.

Selajutnya Afri juga harapkan kepada KPU, mempersiapkan semunya sebagai mana yang telah tercantum di aturan Pemilu, dan mempersiapkan semua Persyaratan dalam Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 mendatang sehingga tidak ada kendala dan bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Ketua KPU Kabupaten OKU Selatan, Ade Putera Marthabaya, S.H., sampaikan ucapan terimakasih Kepada Komisi I DPRD, yang telah mengundang KPU OKU Selatan, untuk membahas Persiapan Pemilu Tahun 2024.

Ketua KPU paparkan terkait Jumlah TPS serta Petugas pada pelaksanaan Pelimu 2024 mendatang, Kabupaten OKU Selatan mempunyai 19 Kecamatan dan 259 Desa, adapun rencana TPS yang akan Berdiri nanti berjumlah 1.354 TPS. Dan jumlah Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK) berjumlah 95, Sekretariat PPK 57, Panitia Pemungutan Suara (PPS) berjumalah 777, Sekretariat PPS 777, 156 TPS Rawan Logistik Data Pilkada 2020, Petugas KPPS 9.478 dan Petugas Pam TPS Berjumlah 2.708.

Adapun tahapan Pelaksanaan Pemilu yakni pendaftaran data pemilih, verifikasi data pencalonan, Kampanye, Rekruitment KPPS, Distribusi logistik, dan Pungut hitung. Selanjutnya harapan yang sama semoga seluruh rangkaian Pemilu berjalan dengan lancar dan sukses.

Pemilu sebagai sarana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, dimaksudkan untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD, serta kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mampu mencerminkan nilai-nilai demokrasi dan dapat menyerap serta memperjuangkan aspirasi rakyat sesuai dengan tuntutan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Turut hadir Ketua dan Komisioner KPU, Kapolres/mewakili dan Tamu Undangan lainnya.

Sumber : Diskominfo Oku Selatan

PEMKAB OKU SELATAN GELAR UPACARA BENDERA DALAM RANGKA PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN OKU SELATAN KE-19 TAHUN 2023.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Ke-19 Tahun 2023 di Lapangan Pemkab OKU Selatan, Selasa (10/01/2023).

Turut hadir di Tenda Kehormatan Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir,SP.,M.Si. Ketua DPRD OKU Selatan Heri Martadinata,S.E. Forkopimda, Wakil Ketua I dan II serta Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK, Wakil Penasehat DWP Kabupaten, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Camat, Organisasi Wanita, Tokoh Adat, Organisasi Pemuda dan Undangan Lainnya.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Com., hadir secara langsung bertindak sebagai inspektur upacara dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Ke-19 Tahun 2023. Adapun Tema yang usung pada Peringatan HUT OKU Selatan Tahun 2023 ini ” Maju Bersama Menuju OKU Selatan yang Lebih Sejahtera”.

Dalam sambutannya Bupati Popo Sampaikan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Ke-19 Tahun 2023 ini adalah tonggak sejarah yang berperan sebagai rujukan dalam memacu semangat membangun daerah. Implikasinya akan sangat besar dalam rangka mencapai pembangunan skala nasional.

Bupati menjelaskan bahwa sebagai bagian dari OKU Selatan hendaknya selalu bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten OKU Selatan ini sebagai inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah dengan karya dan prestasi, lalu membingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja-kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan masa depan yang lebih baik.

Selanjutnya Bupati juga mengajak untuk bermuhasabah, merekonstruksi mana hal-hal baik yang perlu kita pertahankan, serta mana hal-hal yang harus segera diperbaiki. “Mari bergandengan tangan dalam harmoni yang seirama dan saling menguatkan satu sama lain, karena kebersamaan adalah kekuatan kita,” ujarnya.

Peringatan hari jadi Kabupaten yang kita laksanakan saat ini merupakan hari yang bersejarah sebab mulai dari awal tahun 2020 sampai dengan akhir 2022 kita sama-sama berjuang, bangkit dan mampu pulih dari situasi kedaruratan pendemi yang dihadapi Indonesia maupun dunia. Tentunya hal ini dapat terjadi karena semua pihak bahu membahu mengatasi situasi pendemi di Kabupaten OKU selatan.

Perjalanan Kabupaten OKU Selatan telah melakukan berbagai upaya dalam menjalankan roda Pemerintah dan Pembangunan. Dalam kurun waktu lebih kurang 19 ( sembilan belas ) Tahun, mulai tahun 2004 sampai dengan sekarang, kemajuan yang kita rasakan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

” Bupati Popo berpesan kepada kita semua untuk terus bekerja keras sepenuh hati tetap Berinovasi dan Bersinergi dengan semua Stakeholder dalam kegiatan Pembangunan di Kabupaten OKU Selatan,” ujarnya.

Dilanjutkan penyerahan hadiah lomba karya tulis bagi masyarakat umum, ASN dan pelajar secara Online, dengan Tema Review Pembangunan Bidang Pariwisata, yang di selenggarakan oleh Badan Perencanaan dan Pembagunan Daerah dalam rangka Memperingati hari jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang ke-19 tahun. Sekaligus penyerahan Santunan jaminan kematian secara simbolis kepada peserta Non ASN dan Aparatur Desa Kabupaten OKU Selatan.

Sumber:  Diskominfo Oku Selatan

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN, MENYERAHKAN SANTUNAN JAMINAN KEMATIAN (JKM) SECARA SIMBOLIS

posted on Disnakertrans by disnakertran

 

Muaradua – Bupati OKU Selatan Popo Ali bersama Wakil Bupati OKU Selatan Sholihin Abuasir, Kepala BPJS Ketenagakerjaan OKU Raya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi OKU Selatan, Selasa (10/01/2023).

 

Usai Upacara peringatan hari jadi Kabupaten OKU Selatan yang ke-19 Tahun, Bupati OKU Selatan dan Wakil Bupati OKU Selatan bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan OKU Raya didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi OKU Selatan, menyerahkan santunan jaminan kematian (JKM) secara simbolis.

 

Adapun santunan Jaminan Kematian (JKM) diserahkan kepada Ahli Waris Penerima Santunan, (ALM) RASYAH – Perangkat Desa Bandar Alam Baru, (ALMH) YULIMA – Tenaga Honorer Sekolah Dasar, (ALMH) LELA WATI – Tenaga Non ASN Dinas Pendidikan, masing-masing menerima santunan berupa uang sebesar Rp.42 juta rupiah.

STAF ASN DUKCAPIL OKU SELATAN TURUT HADIR SEBAGAI PESERTA UPACARA PERINGATAN HARI JADI KE - 19 OKU SELATAN

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

STAF ASN DUKCAPIL OKU SELATAN TURUT HADIR SEBAGAI PESERTA UPACARA PERINGATAN HARI JADI KE – 19 OKU SELATAN


Muaradua – Staf ASN Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten OKU Selatan Menghadiri Upacara Peringatan Hari Jadi Ke – 19 Kabupaten OKU Selatan

PENGUMUMUMAN KELULUSAN PASCA SANGGAH PESERTA SELEKSI PPPK JF TENAGA KESEHATAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KAB. OKU SELATAN TAHUN 2022

posted on Portal Resmi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by bkpsdm

Pengumuman Bupati Ogan Komering Ulu Selatan

Nomor : 810/0023/BKPSDM.OKUS-II/2023

Menindaklanjuti Surat Kepala Badan Kpegawaian Nomor : 44205/B-KS.04.01/SD/K/2022 Tanggal 30 Desember 2022 perihal Penyesuaian kembali jadwal seleksi Penerimaan PPPK Tenaga Kesehatan Tahun 2022. sehubungan dengan dasar tersebut disampaikan hal sebagaiman terlampir :

PENDAFTARAN BUJANG GADIS OKU SELATAN TAHUN 2023 DIBUKA

posted on by disparbud oku selatan

Muaradua, 10 Januari 2023. Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan membuka seleksi dan mengundang Bujang Gadis Sekabupaten Ogan Komering Ulu Selatan untuk unjuk bakat dalam mengangkat potensi daerah dan menjadi duta kepariwisataan.

BUPATI OKU SELATAN HADIRI PELANTIKKAN PPNI KABUPATEN OKU SELATAN DAN HARAPKAN PPNI DAPAT MENUNJANG PELAYANAN KESEHATAN SECARA OPTIMAL.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., Hadiri Pelantikkan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus Komisariat PPNI Kabupaten OKU Selatan Periode 2022- 2027, Minggu (08/01/2023).

Ketua DPW PPNI Provinsi Sumatera Selatan H. Subhan,SKM.M.,M.Kes. Melantik secara Langsung Ketua PPNI OKU Selatan Hj. Meiliasari.,S.Kep.,M.M. Berdasarkan Surat Keputusan DPW PPNI Provinsi Sumatera Selatan Nomor: 001/DPW.PPNI/SK/ K.S/I/2023. Tentang Revisi Pengesahan Personilia DPD dan Dewan Pertimbangan PPNI Kabupaten OKU Selatan Periode 2022-2027.

Selanjutnya Ketua PPNI Kabupaten OKU Selatan Hj. Meiliasari.,S.Kep.,M.M. Melantik secara langsung Personilia Dewan Pengurus Komisariat DPK PPNI Se- Kabupaten OKU Selatan, berdasarkan Surat Keputusan DPD PPNI Kabupaten OKU Selatan Nomor: 01/PPNI/KAB.OKUS/XI/2022. Tentang Pengesahan Susunan Personilia Dewan Pengurus Komisariat DPK PPNI OKU Selatan Periode 2022-2027.

Dalam sambutan Ketua PPNI OKU Selatan Hj. Meiliasari.,S.Kep.,M.M. sampaikan dengan adanya Organisasi PPNI di OKU Selatan ini dapat meningkatkan Kesejahteraan Perawat di OKU Selatan dan menjadi wadah kesatuan seluruh perawat Indonesia terutama di OKU Selatan.

 

Selanjutnya PPNI OKU Selatan dapat Memantapkan persatuan dan kesatuan yang kokoh antar perawat dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dalam meningkatkan Pelayanan kesehatan masyarakat.

Dalam sambutan Bupati Popo sampaikan, dengan terpilihnya Hj.Meiliasari sebagai ketua PPNI OKU Selatan harapannya perawat yang ada di Kabupaten OKU Selatan bisa lebih bersinergi dengan apa yang diprogramkan pemerintah Kabupaten OKU Selatan. Perawat bersama masyarakat menuju Kabupaten OKU Selatan yang lebih sejahtera.

 

Dengan kepengurusan yang baru semoga dapat lebih meningkatkan kinerja organisasi profesi, terutama dalam menjamin visi dan misi organisasi. Peran tenaga perawat di masyarakat sangat penting.

Setelah pelaksanaan Pelantikan dilanjutkan Sosialisasi terkiat Peran penting perawat di Masyarakat.

Bertempat di Aula Guest House, turut hadir Kapolres OKU Selatan, Mewakili Dandim 0403, Para Asisten, Ketua PPNI Provinsi Sumsel, Para Kepala OPD, Insan Pers serta undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo Oku Selatan

KONSULTASI MENGENAI KESTABILAN JARINGAN INTERNET UNTUK PEMANFAATAN DATA

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

KONSULTASI PENYEDIAAN JARINGAN KOMUNIKASI UNTUK PEMANFAATAN DATA DAN PENINGKATAN KESTABILAN JARINGAN INTERNET DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN OKU SELATAN

Baturaja – Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten OKU Selatan Bpk. Anas Muslim, S.H melaksanakan giat konsultasi Ke PT Telkom Baturaja OKU

ASISTEN I PIMPIN RAPAT KOORDINASI TENTANG TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA STAF AHLI BUPATI.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bagian Hukum Setda OKU Selatan gelar Rapat Koordinasi tentang Kedudukan, tugas dan fungsi serta tata kerja staf ahli Bupati OKU Selatan,(06/01/2023).

Rapat di Pimpin langsung Assisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Selatan Joni Rafles,A.P.,M.Si., Insfektur serta dihadiri Kepala Bagian Hukum, Kepala Bagian Organisasi setda OKU Selatan serta pesera lainnya.

Dalam paparan Kepala Bagian Hukum jabarkan mengenai rencanan Pembuatan Surat Keputusan Bupati terkait Kedudukan, tugas dan fungsi serta tata kerja staf ahli. Adapun tujuan pertemuan ini untuk mengkaji bersama rencana pembuatan Surat Keputusan ini.

Staf Ahli Bupati mempunyai tugas pokok membantu Bupati baik diminta atau
tidak dalam pemikiran, saran dan pertimbangan, baik tertulis maupun lisan
di bidang pemerintahan, hukum dan politik, bidang ekonomi, pembangunan
dan keuangan, serta bidang sumber daya manusia dan kemasyarakatan
diluar tugas dan fungsi Perangkat Daerah.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Staf Ahli
Bupati mempunyai fungsi Penyiapan bahan pertimbangan hasil kajian dan analisis sesuai dengan bidang tugasnya, Penyiapan saran kebijakan dan rekomendasi di bidang keahliannya untuk membantu pemecahan masalah strategis, konsepsional, pragmatis dan sistematis dalam bentuk telaahan staf untuk bahan kebijakan Bupati.

Asisten I juga sampaikan dari hasil pembahasan pada hari ini, akan segera disampaikan ke Pimpinan dan akan segera ditindak lanjuti terkait rencana pembutan Surat Keputusan Bupati tentang Kedudukan, tugas dan fungsi serta tata kerja staf ahli Bupati OKU Selatan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

JELANG PERINGATAN HUT KE-19 KABUPATEN OKU SELATAN, BAGIAN TATA PEMERINTAH SETDA OKU SELATAN GELAR RAPAT FINALISASI TEKNIS

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Popo Ali.,M.B.Com, Pimpin Rapat Pemantapan Peringatan Hari Jadi Ke-19 Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023, Kamis (05/01/2023).

Dalam Paparan Kepala Bagian Tata Pemerintah Setda OKU Selatan Devianto, S.I.P., sampaikan, Peringatan HUT OKU Selatan Tahun 2023 ini mengusung Tema ” Maju Bersama Menuju OKU Selatan yang Lebih Sejahtera”.

Selanjutnya adapun rangkaian Pelaksanaan, diantaranya, upacara Bendera dilaksanakan pada Hari Selasa Tanggal 10 Januari 2023. Dan dilanjutkan dengan Car Free Day dan UMKM selama 9 hari di Terminal Muaradua dari Tanggal 10 Januari – 19 Januari 2023. Pada Minggu 15 Januari 2023 juga akan digelar Jalan Santai dan Senam Sehat yang akan diselenggarakan di Stadion Mini Bumi Agung, dan Pada Tanggal 22 Januari 2023 juga akan digelar Hiburan Rakyat di Stadion Mini Bumi Agung. Sedangkan Puncak Perayaan HUT Ke 19 Kabupaten OKU Selatan akan digelar Sidang Paripurna DPRD Kabupaten OKU Selatan pada Selasa 24 Januari 2023.

Bupati Popo sampaikan dalam arahannya bahwa kegiatan perayaaan HUT Ke-19 OKU Selatan harus benar-benar dipersiapkan. Bupati juga mengungkapkan bahwasannya untuk semua pihak yang terlibat dalam kepanitiaan dapat bersinergi supaya seluruh rangkaian kegiatan dapat berlangsung dengan sukses dan lancar.

“Mari kita Sukseskan semua Rangkaian Peringatan HUT Ke-19 ini, dengan saling bekerjasama dengan baik serta saling mendukung tugas dan fungsinya, komunikasi harus kita jalin sebaik mungkin kepada semua pihak” ujarnya.

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan, turut hadir, FKPD, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Camat, Stap Ahli Bupati, Para Kepala Bagian serta undangan lainnya.

Sumber:  Diskominfo Oku Selatan

posted on Portal Resmi Rumah Sakit Umum Daerah Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by rsud

RAPAT KOORDINASI DISDUKCAPIL OKU SELATAN AWAL TAHUN 2023

posted on Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by disdukcapil

Muaradua – Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Melaksanakan Rapat Koordinasi di awal tahun 2023.

ASISTEN I HADIRI PELANTIKKAN PPK SE- KABUPATEN OKU SELATAN PADA PEMILIHAN UMUM SERENTAK TAHUN 2024.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Assisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Selatan Joni Rafles. AP.,M.Si., hadiri Pelantikkan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se- Kabupaten OKU Selatan pada Pemilihan umum serentak Tahun 2024, Rabu (04/01/2023).

Pelantikkan anggota PPK untuk pelaksanaan pemilu serentak 2024 ini, sesuai dengan tahapan yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 tahun 2022 tentang Rekrutmen Badan Adhoc.

Dalam Paparan Kepala Badan Kesbangpol Feri wiajaya sampaikan, Kepada PPK yang baru dilantik untuk selalu meningkatkan potensi dan kompetensi dalam membangun koordinasi dan sinergi kepada semua pihak terkait tahapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

“Lakukan pemutakhiran data guna penetapan daftar pemilih sementara, kami harapkan bangun sinergi dan kolaborasi dengan kepala desa/lurah diwilayah masing-masing,”ujarnya.

Selanjutnya Feri menambahkan mari bekerja secara profesional, integritas, jujur, adil dan selalu menjaga netralitas, mengingat netralitas merupakan modal yang penting dan berharga dalam mengawal tegaknya demokrasi.

“PPK harus mampu menunjukkan jati diri sebagai panglima demokrasi yang independen pada pemilu serentak yang akan dilaksanakan 2024 mendatang,” katanya.

Dalam arahan Asisten I juga ungkapkan Pemilu dapat dijadikan sebagai sarana untuk membentuk pemerintahan yang demokratis, kuat dan memperoleh dukungan rakyat dalam mewujudkan tujuan nasional sehingga pemilu 2024 mendatang tidak terjadi permasalahan serta terselenggara dengan sukses.

Bertempat di Aula Mess Pusri Kecamatan BPRRT, hadir langsung Ketua KPU beserta seluruh Jajaran, Para Kepala OPD, para camat serta undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo Oku Selatan

BUPATI POPO ALI PIMPIN UPACARA HARI AMAL BHAKTI KEMENAG KE-77

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., menjadi pembina dalam upacara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke-77 tingkat Kabupaten OKU Selatan yang dilaksanakan di Halaman Aula Masjid Agung Almuhtadin Muaradua, Selasa (03/01/2023) pagi.

Dalam upacara tersebut, Popo Ali saat membacakan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tepat pada hari ini keluarga besar Kementerian Agama memperingati HAB ke-77. Semuanya diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946.

Sebagai generasi penerus Kementerian Agama, sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah (langkah/garis) kelahiran Kementerian Agama atau belum.

“Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia. Setahun yang lalu, dalam Peringatan HAB ke-76 Kementerian Agama, kita gelorakan semangat Transformasi Layanan Umat dan secara bertahap, cita bersama itu mulai terwujud dan tampak hasilnya,” katanya.

 

Kini Kementerian Agama telah terlihat berubah, birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama. Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah.

Semua itu merupakan upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama juga terus berprestasi, di level nasional dan internasional. Bukti bahwa Kementerian Agama telah berubah, diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/Lembaga dan publik.

“Pada HAB ke-77 tahun 2023 ini, kita canangkan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama. Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024. Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai,” terang Bupati.

Bupati menambahkan, tahun ini merupakan tahun politik, potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, tetap saja ada. Politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral. Politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampanye, sudah mulai terjadi.

 

Ia berharap, keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya. Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama.

“Saya minta tidak ada ASN Kementerian Agama yang partisan, apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan. ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat. Mari jadikan momentum ini untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Dilanjutkan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya dan pemberian bantuan sosial yang di serahkan langsung oleh Bupati OKU Selatan dan FKPD. Turut hadir dalam upacara ini FKPD/yang Mewakili, Sekda, Kakanmenag , Ketua TP PKK Kabupaten/ yang Mewakili, Para Stap Ahli, Para Asisten, Para Kepala Instansi Vertikal, Para Kepala OPD, Para Kabag, dan undangan lainnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

APEL GABUNGAN PERDANA BULAN JANUARI DI TAHUN 2023

posted on PADAMU NEGERI JIWA RAGA KAMI by kec-muaradua

Apel Pagi Perdana di Halaman Kantor Camat Muaradua dilaksanakan satu hari yg lalau Senin ,2 Januari 2023 dengan penuh hikmad,yang diikuti oleh ASN Kecamatan dan 5 kelurahan.

Camat Evan Kurniawan ,SE. Dalam arahannya sebagai pembina  Apel Pagi mengatakan berharap ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Oku Selatan Tahun 2023 ini dapat lebih baik lagi khususnya menjalankan pekerjaan  dengan amanah penuh tangung jawab.

pada awal tahun 2023 ini saya perlu meningkatkan kembali hari jadi kabupaten Oku Selatan untuk memeprsiapkan hari ulang tahun Kabupaten Oku Selatan  ke -19 Tahun 2023  dapat bekerja secara maksimal  sehinga masyarakat dapat merasakan dan ikut serta dalam memeriahakan acara ualang Tahun Kabupaten Oku Selatan  ke -19.

camat juga mengimbau kepada Lurah,Kepala Desa di kecamatan Muaradua  untuk pemasangan Umbul-umbul baik di Perumuahan,Toko,Ruko,Kantor dan sepanjang Jalan Protokol terhitung mulai tanggal 1 Januari 2023 s/d 31 Januari 2023.untuk dapat memasang sepanduk di setiap kantor Lurah Maupun Kantor Kepala Desa .Kepada Suadara Luarah dan Kepala Desa untuk menghimbau masayarakat melakukan Pengecetan Pagar ,    jaga kebersihan,tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungan   Masing-masing dalam wilayah saudara pimpin.

Kegiatan ini di di tutup dengan pembacaan do,a bersama.

 

 

 

HADIRI SERAH TERIMA TUGAS KADIN LINGKUNGAN HIDUP, SEKDA OKU SELATAN IMBAU PEGAWAI TINGKATKAN KERJASAMA DAN SOLIDITAS SUKSESKAN PROGRAM

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Sekretaris Daerah Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H. Romzi S.E., M.Si., hadiri serah terima tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Senin (02/01/2023), di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan. Sekda juga berpesan agar seluruh jajaran di lingkungan OPD agar solid dan bekerjasama dalam mensukseskan program-program yang ada.

Serah terima tugas ini dilaksanakan setelah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sebelumnya, Umar Safari memasuki masa pensiun dan jabatannya digantikan oleh H Hermansyah Said.

Umar Safari mengatakan sejak tanggal 1 Januari dia tidak lagi tercatat sebagai Apaprtur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dan kembali menjadi masyarakat biasa. Menurutnya, banyak pengalaman berharga yang ia dapat selama menjabat sebagai kepala dinas maupun selama menjadi ASN.

“Selama saya menjabat banyak kerjaan yang telah dilakukan dengan hasil baik dan ada juga yang kurang baik, untuk yang baik tolong dilanjutkan dan yang kurang baik tolong diperbaiki. Ini tentu tidak lepas dari kerjasama kabid, staf dan lainnya serta konsultasi dengan Sekda, Para Asisten,” ujarnya seraya menambahkan permohonan maaf jika terdapat hal-hal kurang berkenan selam ia menjabat.

Disambung PLT Kepala DLH, H. Hermansyah Said, S.Ip bahwa menjadi kepala OPD tentu ada banyak hal yang harus dipelajari. Untuk itu, H Hermansyah Said mengharapkan kerjasama dari seluruh jajaran untuk menjalankan dan mensukseskan program kerja Dinas Lingkungan Hidup dan umumnya Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

“Saya harap kerjasama dan bantuan untuk mensukseskan kegiatan DLH baik secara fisik maupun pemikiran, semoga sesuai dengan apa yang diharapkan, agar tidak ada lagi kecaman dari masyarakat, saya ucapkan terimakasih telah mempercayakan ke saya, mohon bimbingan dan arahan dari pak Sekda dan pimipinan lainnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda OKU Selatan, mengatakan seorang pemimpin apabila tidak didorong ataupun didukung dengan staf yang lain tidak bisa apa-apa, oleh karena itu diperlukannya kerja sama.

“Sebelumnya memang Pak Umar Safari ini sering menemui saya dan konsultasi, dan setelah mendengar penjelasan akhirnya diputuskan untuk pensiun. Saya harap untuk pemimpin baru ini lebih baik lagi dan kerjasama semakin kompak tentu tugas berat bagi Pak Hermansyah sekaligus merangkap menjadi Asisten II, tapi saya percaya jika kerja sama tim mampu berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama. Dan kegiatan ini juga tampak dihadiri Para Asisten, BKPSDM, Bapak Umar Safari, S.ST, Plt. Kadin Lingkungan Hidup serta seluruh staf Dinas Lingkungan Hidup.

Sumber: Diskominfo Oku Selatan

MELALUI GERAKAN PRAMUKA, WAKIL BUPATI HARAPKAN HADIR GENERASI MUDA YANG MILIKI JIWA PEMIMPIN DAN BERTANGGUNGJAWAB UNTUK PEMBANGUNAN DAERAH

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Wakil Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Sholehien Abuasir, S.P.,M.Si, menjadi pembina dalam Upacara Pembukaan Perkemahan Akhir Tahun Perkemahan Hari Jum’at, Sabtu dan Minggu (PERJUSAMI) Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kisam Tinggi, yang dilaksanakan di SD 01 Desa Tenang Kecamatan Kisam Tinggi, Jum’at (30/12/2022).

Dalam amanatnya, Wabup Sholehien mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan perkemahan ini. Menurutnya, ini merupakan suatu kegiatan yang positif untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan.

“Kegiatan ini saya nilai memiliki hal yang positif dan peran yang sangat strategis bagi Gerakan Pramuka, khusus pramuka penegak serta generasi muda pada umumnya, dalam upaya memupuk rasa persahabatan dan persaudaraan yang menjadi simpul pengikat rasa persatuan dan kesatuan serta rasa pengabdian yang sangat tinggi dan luhur, baik sebagai anggota pramuka,” ungkapnya.

Kegiatan ini nantinya diharapkan dapat membentuk karakter anak muda yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan memiliki rasa tanggungjawab, memiliki rasa peduli terhadap masyarakat, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan, sehingga nantinya bisa bersaing dengan daerah-daerah lainnya dalam memupuk generasi muda yang lebih baik.

“Kepada adik-adik pramuka untuk dapat melaksanakan kegiatan ini dengan gembira tetapi penuh dedikasi, disiplin, tanggungjawab dan bersungguh-sungguh, serta saling bergotongroyong,” ujarnya.

Ke depan, lanjutnya, dengan kegiatan Pramuka ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri terhadap peningkatan disiplin dan tanggungjawab di kehidupan dalam tolong menolong dan bergerak maju sehingga nantinya bisa bersama-sama memajukan Daerah.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut pengurus Kwarcab OKU Selatan, Camat Kisam Tinggi dan undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

PENGUMUMAN SELEKSI PPPK TAHUN 2022 KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Pengumuman Seleksi PPPK 2022

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPPK JABATAN FUNGSIONAL TENAGA KESEHATAN DAN PERSYARATAN ADMINISTRASI PENGUSULAN NOMOR INDUK PPPK JABATAN FUNGSIONAL TENAGA KESEHATAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN TAHUN 2022

posted on Portal Resmi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by bkpsdm

PENGUMUMAN

BUPATI OGAN KOMERING ULU SELATAN

PENGUMUMAN

Nomor : 810/1866/ BKPSDM.OKUS-II/2022

TENTANG

 PESERTA YANG DINYATAKAN LULUS  SELEKSI PPPK JABATAN FUNGSIONAL TENAGA KESEHATAN DAN PERSYARATAN ADMINISTRASI PENGUSULAN NOMOR INDUK PPPK JABATAN FUNGSIONAL TENAGA KESEHATAN

DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN

TAHUN 2022

 

Dasar

  1. Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 968 Tahun 2022 tentang Mekanisme Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan Tahun Anggaran 2022;
  2. Peraturan Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Nomor : HK.01.03/F/2446/2022 Tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Verifikasi Penambahan Nilai Seleksi Kompetensi Teknis Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan pada Instansi Pusat dan Daerah Tahun 2022;
  3. Surat Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan CASN 2022 Nomor : 43876/R-KS.04.03/SD/K/2022 Tanggal 29 Desember 2022 tentang Penyampaian Hasil Seleksi Calon PPPK Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan Tahun 2022.

 

Sehubungan dengan dasar tersebut diatas disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Nilai hasil seleksi dan Daftar Nama-nama Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan berdasarkan Surat Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan CASN 2022 Nomor : 43876/R-KS.04.03/SD/K/2022 Tanggal 29 Desember 2022 sebagaimana terlampir pada lampiran Pengumuman ini.

 

  1. Penjelasan Lampiran :

a. P1   : Peserta memenuhi nilai ambang batas

b.  L     : Peserta lulus

c.  L-2 :  Peserta yang Lulus berdasarkan nilai ambang batas dan peringkat terbaik dalam jabatan dan pendidikan yang sama setelah perpindahan formasi dari lokasi formasi yang berbeda persen dari

nilai   paling tinggi kompetensi teknis seleksi setelah perpindahan formasi antara jenis formasi dalam jabatan/pendidikan yang sama

d. TL     : Peserta tidak lulus

 

INFO SELENGKAPNYA

WAKIL BUPATI SHOLEHIEN ABUASIR MELANTIKAN JABATAN FUNGSIONAL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN OKU SELATAN.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Sholehien Abuasir, S.P., M.Si., Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten OKU Selatan, Selasa (27/12/2022).

Dalam Laporan Kepala BKPSDM Kabupaten OKU Selatan Eva Nirwana, S.I.P., M.M., menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk mewujudkan PNS yang setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang- undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah serta untuk memenuhi Formasi Kebutuhan Calon PNS di Lingkungan Pemkab OKU Selatan dari Formasi Umum.

Selanjutnya Kepala BKPSDM juga menyampaikan Peserta yang mengikuti Pelatikan ini berjumlah 151 terdiri dari, dinas Pendidikan 6 orang, Dinas Kesehatan 26, Bappeda litbang 1, dinas PMPD 3 orang, Insfektorat 3 orang, Pol PP 1 orang, dispora 1 orang. Selanjutnya Kenaikan dalam jabatan fungsional, Dinas Pendidikan 86 orang, Dinas Kesehatan 19 orang, Insfektorat 2 orang dan Dinas Pertanian 3 orang.

Wakil Bupati OKU Selatan dalam sambutannya menyampaikan harapan kami Semoga Peserta yang baru saja di lantik dan di ambil sumpah jabatan senantiasa dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab secara Profesional , baik dalam mengabdikan diri kepada Negara maupun melayani Masyarakat demi suksesnya Pembangunan di Kabupaten OKU Selatan.

Selanjutnya beliau juga mengingatkan Pengetahuan, Wawasan, Kepribadian dan Etika selaku pejabat yang harus melekat pada diri sendiri, karena suatu keberhasilan sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan serta untuk mengoptimalkan tugas- tugas yang diberikan.

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan, turut hadir, Wakil Ketua DPRD OKU Selatan, Carles Minarko,S.E, Sekretaris Daerah OKU Selatan H. Romzi, S.E., M.M, Asisten I dan III, Para Kepala OPD, Kepala Badan, para Kepala Bagain serta undangan lainya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

KETUA YJI CABANG KABUPATEN OKU SELATAN MELANTIK 8 PENGURUS KLUB JANTUNG SEHAT TINGKAT KECAMATAN DI OKU SELATAN.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) cabang Kabupaten OKU Selatan Rositadevi Sholehien, melantik secara langsung Pengurusan Klub Jantung Sehat tingkat Kecamatan Masa Bakti 2022-2027, Selasa (27/12/2022). Bertempat di Balai Kecamatan Simpang Tiga Kecamatan Muaradua Kisam.

Pelantikkan ini berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang OKU Selatan Nomor : 003/SK/YJI-OKUS/XII/2022. Tentang Susunan Pengurus Klub Jantung Sehat Tingkat Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan.

Pada Kesempatan ini ada 8 Kecamatan yang dilantik, diantaranya ;
1. Kecamatan Muaradua Kisam, yang diketuai oleh Drg. Angga Rumio Pratama
2. Kisam Ilir, Ketua Laili Asmara, S.Pd
3. Buay Runjung, Ketua Asri Isnawati, S.Pd
4. Runjung Agung, Ketua Hartati Riduan
5. Kisam Tinggi, Ketua Idayana,S.I.P
6. Pulau Beringin, Ketua Zarnawati
7. Sindang Danau, Ketua Novita Indriani
8. Sungai Are, Ketua Yuliarti,S.E.

Setelah selesai Prosesi Pelantikkan Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) cabang Kabupaten OKU Selatan Rositadevi Sholehien mengucapkan selamat dan sukses atas terbentuknya kepengurusan Klub Jantung Sehat tingkat Kecamatan, semoga dengan terbentuknya Klub Jantung Sehat di tingkat Kecamatan ini bisa memberikan manfaat kesehatan bagi kita semua terutama Masyrakat OKU Selatan.

Semoga Pengurus yang baru saja dilantik, dapat menjalankan tugas dengan baik dan mendukung Program- Program Pemerintah sehingga dapat bersinergi, jajaran Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terus mendukung kegiatan yang sangat positif ini semoga dengan adanya Klub ini dapat membuat pola hidup kita semakin baik dan sehat.

Adapun tugas Klub Jantung sehat ini antara lain melaksanakan sebagian program promotif, preventif dan rehabilitatif sedangkan fungsi YJS adalah sebagai wahana silaturahmi dengan kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi melalui latihan – latihan olahraga seperti senam jantung sehat yang telah dilaksanakan.

Usai pelantikkan dilanjutkan dengan Sosialisasi dan cara Penanganan Masalah Penyakit Jantung Tahun 2022, yang dihadirkan secara langsung Narasumber Dr. Gilang Kusuma Putra dari Bidang BHD YJI cabang Kabupaten OKU Selatan.

Turut Hadir Pada Pelantikkan ini, Sekretaris Dinas Kesehatan Zulfahmi, SKM.,M.M, Sekretaris YJI cabang Kabupaten OKU Selatan Hj. Meiliasari.,S.Kep.,M.M, beserta pengurus YJI cabang OKU Selatan, Para Camat, Kepala Desa, serta undangan lainnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

Kunjungan Kerja Bupati Ogan Komering Ulu Selatan di RSUD Muaradua, Selasa 27 Desember 2022

posted on Portal Resmi Rumah Sakit Umum Daerah Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by rsud

SEKDA OKU SELATAN BUKA RAKOR TIM PENELITI BARANG MILIK DAERAH

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H. Romzi, S.E., M.M., pimpin sekaligus membuka Rapat Koordinasi Tim Peneliti Penghapusan Barang Milik Daerah yang Hilang Tidak Ditemukan, Selasa (27/12/2022) di Ruang Rapat Sekretaris Daerah.

Disampaikannya, mengacu pada Permendagri Nomor 47 tahun 2021, tentang tata cara pelaksanaan pembukuan, inventarisasi dan pelaporan barang milik Daerah agar setiap OPD dapat mempedomani peraturan ini

“Saya berharap dalam menindak lanjuti surat sebelumnya para OPD terkait, betul-betul menugaskan internal melakukan verifikasi hasil dari masing-masing OPD, apakah betul penelitian itu valid,” ujarnya.

Sementara, Kepala BPKAD Kabupaten OKU Selatan Rahmatullah, S.STP., M.Si., menyampaikan, agar perbaikan sistem dan tata kelola ini terus ditingkatkan. “Semoga semuanya clear berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan bersama,” ujarnya.

Turut hadir dalam rapat ini Asisten III, Inspektur, Kepala BPKAD, Kepala BKPSDM, Kepala Bappeda Litbang, Kadin Koperindag, Kepala Bapenda, Kadin SatPol PP, Kadisdukcapil, Kadiskanak, Kadin Pertanian, Kadinsos, Sekretaris DPRD, Direktur RSUD, Kalaksa BPBD, Kabag Hukum, Kabid BPKAD, Camat Buay Pemaca.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

PEMBAYARAN UANG GANTI RUGI PENGAADAAN TANAH BENDUNGAN TIGA DIHAJI SEGMEN BORROW DESA SUKA BUMI KECAMATAN TIGA DIHAJI TAHAP I.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Mewakili Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com. Hadir Secara langsung Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKU Selatan H. Hermansyah Said, S.I.P, dalam Kegiatan Pembayaran Uang Ganti Rugi (UGR) Pengadaan Tanah Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan, Selasa (27/12/2022).

Dalam sambutan Asisten II sampaikan keberadaan Bendungan Tiga dihaji diharapkan dapat memberikan dukungan pada sektor pertanian melalui irigasi, sektor energi melalui Pembangunan Pembangkit listrik, sektor Pariwisata serta yang lainnya.

Pertemuan pada hari ini merupakan pelaksanaan pembayaran ganti rugi pengadaan tanah perluasan bendungan tiga dihaji Segmen Borrow Tahap Pertama.
Ada sebanyak 88 Bidang Tanah dan 73 orang subjek pemilik tanah yang akan menerima ganti rugi pada hari ini.

” Semoga Pembangunan Bendungan ini dapat segera terwujudkan sehingga memeberikan manfaat bagi Masyarakat di Kabupaten OKU Selatan,” ujarnya.

Bertempat di Gedung Kesenian, Turut Hadir Kepala Kejaksaan, Camat Tiga Dihaji, kepala Desa Suka Bumi, Kepala BBWS Sumatera VII serta undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

WABUP SHOLEHIEN AJAK SELURUH OPD DAN STAKEHOLDER GOTONG ROYONG TUNTASKAN MASALAH STUNTING

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Sholehien Abuasir, S.P., M.Si., menyebut bahwa untuk menuntaskan masalah stunting di Kabupaten OKU Selatan diperlukan kerjasama lintas sektor dan keterlibtan seluruh stakeholder. Hal ini diungkapkannya saat menghadiri Review Kinerja Tahunan Aksi Integrasi Stunting Tahun 2022 di Pendopoan Hotel Samudera, Muaradua, Selasa (27/12/2022).

“Kami berharap untuk seluruh Pimpinan dan Kepala OPD, Kepala Desa dan seluruh Stake Holder dapat berkerja sama secara konvergensi terintergrasi dalam menuntaskan masalah stunting di Kabupaten OKU Selatan ini,” ujarnya.

Diungkapkannya, Kabupaten OKU Selatan ditunjuk sebagai lokus stunting tahun 2021, berdasarkan surat keputusan Menteri perencanaan pembangunan Nasional/Kepala Badan perencanaan pembangunan Nasional. Nomor: KEP 10/M.PPN/HK/02/2021, tentang penetapan perluasan Kabupaten/Kota lokasi fokus Intervensi penurunan stunting terintegrasi tahun 2021.

Keputusan ini mewajibkan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan untuk melakukan Konvergensi stunting pada tahun 2021 dan tahun tahun berikutnya secara berkesinambungan.

Selanjutnya ditetapkan surat keputusan bupati Ogan Komering Ulu Selatan Nomor: KEP 10/M.PPN/HK/02/2021 tentang penetapan Desa/Kelurahan lokasi fokus percepatan penurunan stunting di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, yaitu pada 10 Desa.

Rencana kegiatan ini sendiri, lanjut Wabup, sudah tersusun secara lengkap dan terukur dari seluruh organisasi perangkat daerah yang ada di Kabupaten OKU Selatan guna mengintervensi kasus stunting utamanya di 10 Desa Lokus Stuting.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, Dr. Meri Astuti., M.M., mengungkapkan, Review kinerja tahunan aksi integrasi stunting tahun 2022 dalam penurunan stunting dilakukan secara deskriptif dan hasil penelaahan dari data dan informasi yang tersedia selama masa persiapan pelaksanaan dan pelaporan penilaian yang dilaksanakan pada tahun 2022.

“Tujuan Riview kinerja tahunan aksi integrasi stunting sebagai upaya pembinaan dan pengawasan kinerja Kabupaten dalam meningkatkan keterpaduan intervensi gizi dalam rangka percepatan penurunan angka stunting yang merupakan salah satu prioritas nasional,” ujarnya.

Dilanjutkan paparan yang di sampaikan Oleh Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini disampaikan oleh dr. Lisa Marniyati, M.KM dan Narasumber dari Bapeda Provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini di sampaikan oleh Wadil Muqoddas, SH.,M.Si.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Kabupaten/yang mewakili, Kakan Kemenag, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Bappeda Litbang, Kadinsos, Kadisdik, Kadin KBPP PPPA, Kadin PMPD, Kadin Ketpang, Kadin PU PR, Direktur RSUD, Danramil Muaradua, Camat Buana Pemaca, Camat Buay Pemaca, Camat Mekakau Ilir, Camat Buay Runjung, Camat Sungai Are, Ketua TP PKK Kecamatan Buana Pemaca, Buay Pemaca, Mekakau Ilir, Sungai Are, Buay Runjung, Para Kepala Desa yang menerima Undangan, Para Kepala Puskesmas, Ketua IDI, Ketua Persagi, Ketua IBI, Bidan Desa, Bidan Koordinator Puskesmas, Tenaga Pelaksana Gizi/TPG Puskesmas yang menerima undangan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

KETUA YJI CABANG KABUPATEN OKU SELATAN MELANTIK PENGURUS KLUB JANTUNG SEHAT TINGKAT KECAMATAN.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) cabang Kabupaten OKU Selatan Rositadevi Sholehien, melantik secara langsung Pengurusan Klub Jantung Sehat tingkat Kecamatan Masa Bakti 2022-2027, Bertempat di Balai Desa Kecamatan Banding Agung, Senin (26/22/2022).

Pelantikkan ini berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang OKU Selatan Nomor : 02/SK/YJI-OKUS/XII/2022. Tentang Susunan Pengurus Klub Jantung Sehat Tingkat Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan.

Pada Kesempatan ini ada 4 Kecamatan yang dilantik, diantaranya ;
1. Kecamatan Banding Agung yang diketuai, Silvia Risca,S.Pd.
2. Kecamatan BPRRT yang diketuai, Robiyati,S. ST
3. Kecamatan Warkuk Ranau Selatan yang diketuai, Tri Budi Purwati
4. Kecamatan Mekakau Ilir yang diketuai, Zaiyani Waliman.

Setelah selesai Prosesi Pelantikkan Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) tingkat Kecamatan Rositadevi Sholehien mengucapkan selamat dan sukses atas terbentuknya kepengurusan Klub Jantung Sehat tingkat Kecamatan, semoga dengan terbentuknya Klub Jantung Sehat di tingkat Kecamatan ini bisa memberikan manfaat kesehatan bagi kita semua terutama Masyrakat OKU Selatan.

Semoga Pengurus yang baru saja dilantik, dapat menjalankan tugas dengan baik dan mendukung Program- Program Pemerintah sehingga dapat bersinergi, jajaran Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terus mendukung kegiatan yang sangat positif ini semoga dengan adanya Klub ini dapat membuat pola hidup kita semakin baik dan sehat.

Adapun tugas Klub Jantung sehat ini antara lain melaksanakan sebagian program promotif, preventif dan rehabilitatif sedangkan fungsi YJS adalah sebagai wahana silaturahmi dengan kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi melalui latihan – latihan olahraga seperti senam jantung sehat yang telah dilaksanakan.

Usai pelantikan Selesai dilanjutkan dengan Sosialisasi dan cara Penanganan Masalah Penyakit Jantung Tahun 2022, yang dihadirkan secara langsung Narasumber Dr. Gilang Kusuma Putra dari Bidang BHD YJI Cabang Kabupaten OKU Selatan.

Turut Hadir Pada Pelantikkan ini, Sekretaris Dinas Kesehatan Zulfahmi, SKM.,M.M, Sekretaris YJI cabang Kabupaten OKU Selatan Hj. Meiliasari.,S.Kep.,M.M, Ketua Bidang Komunikasi YJI Cabang OKU Selatan Zakiah,S.E.,M.M, para kepengurusan YJI Cabang OKU Selatan, Para Camat Ranau Raya, Danramil, Polsek serta undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

MELALUI ZOOM MEETING, ASISTEN KASN BERIKAN PEMBINAAN PENERAPAN SISTEM MERIT DI LINGKUNGAN PEMKAB OKU SELATAN

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua (26/12) Sekretaris Daerah Setda Pemkab OKU Selatan H. Romzi, S.E.,M.Si. hadiri Pendampingan Penerapan Asistensi Sistem Merit oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Senin (26/12/2022).

Bertempat di Aula Video Conference Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan, melalui Zoom meeting pembinaan ini dilaksanakan langsung oleh Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 1 Mugi Syahriadi.

Turut hadir dalam kesempatan ini Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. H. Herman Azedi, SKM.,M.M. Kepala BKPSDM Kabupaten OKU Selatan Eva Nirwana, S.Ip.,M.M. Kepala Bagian Oganisasi dan Tata Laksana Erwan Herawan, S.T. Bappeda Litbang, dan Inspektorat.

Asistensi dan Pembinaan ini merupakan bentuk fasilitasi dan pelayanan pembinaan yang dilakukan oleh KASN untuk Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui BKPSDM.

Mugi Syahriadi dalam kesempatan ini memberikan pemahaman dan masukan-masukan untuk mengelola ASN berbasis Sistem Merit berdasarkan 8 aspek dalam membangun talent pool dan rencana suksesi.

“bentuk strategi yang dilakukan oleh KASN untuk mendorong agar instansi memiliki komitmen dan dukungan terhadap pentingnya dan manfaat Sistem Merit. Kegiatan ini dilakukan melalui proses klarifikasi dengan meminta penjelasan dan informasi secara langsung kepada Tim Penilai Instansi. Terdapat hal-hal yang perlu dikonfirmasi untuk memastikan kesesuaian antara pelaksanaan di lapangan dan evidence dalam sistem.” ucap Asisten KASN Mugi.

Asisten KASN Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 1 menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan kualitas implementasi penerapan Sistem Merit berdasarkan bukti yang telah disampaikan melalui aplikasi SIPINTER.

KASN mendorong agar Instansi Pemerintah mendapatkan pemahaman dan masukan-masukan untuk memperbaiki aspek dan sub-aspek Sistem Merit yang masih lemah.

Kepala BKPSDM Kabupaten OKU Selatan dalam kesempatan ini juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui BKPSDM telah mengelola data kepegawaian melalui sistem online Aplikasi Sipacak. Yang mana Sipacak ini telah memuat data-data kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

Eva nirwana juga menjelaskan bahwa pihaknya terkait sistem telah siap, dan untuk awal tahun 2023 akan mengupayakan digital signature

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

KOMPAS RANAU BERSINERGI BERSAMA EXSEKUTIF DAN LEGISLATIF KABUPATEN OKU SELATAN DEMI KAMAJUAN DESTINASI WISATA DANAU RANAU.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Jos Akherman, S.STP., MSI., Audiensi RKPU Kompas Ranau Bersatu tentang Pengelolaan Destinasi Wisata Pantai Bidadari Danau Ranau, senin (26/12/2022), di Ruang Rapat Komisi III DPRD Kabupaten OKU Selatan.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten OKU Selatan, Windya Alhadipuro, S.E., sampaikan Jajaran DPRD OKU Selatan mendukung semua Program terkait kemajuan Destinasi Wisata Danau Ranau, demi kemajuan OKU Selatan

Dalam Laporan Ketua Kompas Ranau Herbi sampaikan Kompas Ranau berdiri sejak tahun 2020, Kompas Ranau sudah mempunyai Legalitas terbit pada Bulan Agustus Tahun 2022.

Herbi juga ucapkan terimakasih kepada Ketua Komisi III DPRD OKU Selatan dan Pemerintah Daerah yang telah menerima dan memberi ruang untuk berudiensi bersama Kompas Ranau. Selanjutnya Herbi juga laporpkan tetkait kemajuan Destiwisata Pantai Bidadari baik dari Akses Jalan, maupun yang lainnya, Kompas Ranau akan terus siap bersinergi bersama Pemerintah demi kemajuan Wisata yang ada di OKU Selatan. Terkiat Lahan Pantai Bidadari Akan segera dilaksanakan MOU bersama Auri, agar tidak ada kendala dan terjadi kesalahpahaman baik dari Administrasi dan yang lainnya.

Kepala Dinas pariwisata OKU Selatan menyampaikan Memang benar belum ada Kesepakatan terkait lahan Wisata Pantai Bidadari, Penjanjian beberapa tahun yang lalu bersama Auri Pemerintah Daerah hanya pinjam pakai lahan serta kegiatan Olahraga pada Waktu Proprov waktu lalu.

“Untuk kedepan MOU akan dibuat, akan kami kordinasikan lagi dengan PRINKOPAU Provinsi terkait hal itu, saya juga ingin melaporkan target PAD Dinas pariwisata sebesar Lima Ratus Juta untuk pengelolaan Danau Ranau dan lainnya”, ujarnya.

Turut hadir Dinas Pariwisata, Kompas Ranau Bapenda OKU Selatan, Jajaran Kompas Ranau dan yang lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

ALIANSI MILENIAL OKU SELATAN ( AMOS) GELAR SEMINAR ENTREPENEUR UNTUK MENUMBUHKAN POLA PIKIR KREATIF DAN INOVATIF DIBIDANG KERIWAUSAHAAN DI OKU SELATAN.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Mewakili Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com. Hadir Secara langsung Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKU Selatan H. Hermansyah Said, S.I.P, Membuka Kegiatan Seminar Entrepeneur ” Seminar Motivasi OKU Selatan, menumbuhkan pola pikir kreatif dan inovatif dalam membuka peluang di bidang wirausahaan”. Senin (26/12/2022).

Dalam laporan ketua pelaksana At- thairah Putri Lestari sampaikan, kegiatan ini diselenggarakan oleh Aliansi Milenial OKU Selatan ( AMOS), untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur menjadi kreatif, inovatif, dan mandiri di Kabupaten OKU Selatan.

Kegiatan ini hadir secara langsung Wakil Ketua DPRD OKU Selatan, Carles Minarko,S.E. serta dihadirkan Narasumber diantaranya, Kepala Dinas Koprindag OKU Selatan Willy Agus,S.T.,M.T.,M.M., H. Hengki Irawan CEO PT Titisan Pangeran, dan Arlin Dian Eka Putri Manager Regional Mekaar.

Entrepreneur harus kreatif, karena
Seorang yang memutuskan dirinya menjadi entrepreneur adalah orang-orang yang mengenal potensi dan belajar mengembangkan peluang yang ada serta dapat mengorganisasi usaha untuk mewujudkan cita-cita menjadi entrepreneur, Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang entrepreneur adalah kreatif dan inovatif.

Dalam sambutan Asisten II sampaikan atas nama Pemerimtah OKU Selatan Apresiasi yang sangat luar biasa terselenggarany kegiatan ini, Semoga dengan seminar ini dapat merubah mindset para peserta dan mahasiswa mengenai wirausaha, dan memberikan pemahaman bahwa tujuan akhir dari sebuah Pendidikan bukan hanya menjadi karyawan, tetapi bisa jadi wirausaha dan membuka peluang kerja bagi orang lain.

Selanjutnya Asisten juga mengatakan untuk menjadi pengusaha yang kreatif dan inovatif, perlu didorong untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan yang sudah ada, melakukan pengembangan teknologi baru sehingga didapatkan penemuan pengetahuan baru dalam proses berwirausaha agar memiliki nilai lebih.

Bertempat di aula Pemkab OKU Selatan, turut hadir para OPD, Camat Muaradua, serta para Mahasiswa di Kabupaten OKU Selatan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan 

PELANTIKAN PENGURUS DPC PERSATUAN AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK INDONESIA OKU SELATAN PERIODE 2022-2026.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Pelantikan Pengurus DPC Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia Kabupaten OKU Selatan Periode 2022-2026 serta Sosialisai Penggunaan SIMK PATELKI dan SIPORLIN, Sabtu (24/12/2022).

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan DPW Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indinesia Nomor : 016/SK/ PATELKI.16/12/2022. Tentang Pengesahan Pengurus DPC Patelki OKU Selatan Peridode 2022- 2026.

Mewakili Kepala Dinas Kesehatan dalam hal ini dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Hj. Meiliasari.,S.Kep.,M.M. sampaikan selamat dan sukses semoga kedepan kita semua selalu dapat bersinergi demi kemajuan pelayanan kepada masyarakat, tenaga laboratorium medik merupakan salah satu aspek penting yang mendukung kemajuan dalam bidang kesehatan, karena itu mereka dituntut memiliki integritas, disiplin tinggi, dan profesionalitas.

Patelki sebagai organisasi yang menaungi para tenaga laboratorium medik disebut Bupati juga memiliki tanggung jawab moril untuk senantiasa meningkatkan kompetensi anggotanya, sehingga setiap proses pengujian sampel di laboratorium menemukan hasil yang akurat dan berkualitas.

Dalam sambutan Ketua terpilih M. Iqbal usai dilantik mengatakan bahwa PATELKI OKU Selatan akan senantiasa menjadi organisasi sebagai wadah untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dalam rangka meningkatkan mutu dan pelayanan pemeriksaan laboratorium kesehatan dalam memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Kami dari PATELKI OKU Selatan akan berupaya menunjukkan kerja nyata dalam memperlihatkan PATELKI sebagai organisasi yang memang sangat diharapkan keberadaannya, ” ungkapnya

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan, turut hadir, Ketua IDI, Ketua IBI, Ketua PPNI serta undangan Lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

JAGA KEBUGARAN, JAJARAN PEMKAB OKU SELATAN ANTUSIAS IKUTI SENAM SEHAT BERSAMA

posted on Portal Resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Inspektorat dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan berkolaborasi menjadi coordinator dalam senam sehat bersama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Jumat (23/12/2022).

Pada senam sehat bersama yang rutin dilaksanakan ini, para pegawai di lingkungan Pemkab OKU Selatan baik ASN maupun non-ASN tampak bersemangat dalam melaksanakan senam ini.

Melihat hal ini, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten OKU Selatan, H Hermansyah Said mengapresiasi semangat para pegawai ini. Melalui momen senam sehat bersama ini H Hermansyah berharap agar hal ini selain membuat para pegawai senantiasa dalam keadaan sehat, juga sejalan dengan peningkatan pelayanan dan kinerja di instansi masing-masing.

Dikatakannya, senam seperti ini sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan memperlancar metabolisme tubuh sehingga terhindar dari penyakit. “Dengan dilaksanakannya kegiatan rutin senam setiap Jumat, diharapkan dapat menjaga kondisi tubuh seluruh jajaran ASN maupun non ASN, sehingga tetap sehat dan bugar serta dapat melaksanakan kegiatan bekerja sehari hari dengan optimal,” ujarnya.

Selain untuk memperoleh kebugaran jasmani, kegiatan senam tersebut juga dimanfaatkan sebagai silahturahmi, sarana keakraban dan kebersamaan, karena senam dilakukan bersama di halaman dan membaur antara satu sama lain.

Tampak hadir dalam senam ini para kepala OPD, Kepala Bagian dan pegawai (ASN dan non ASN) di lingkungan Pemkab OKU Selatan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, PEMKAB OKU SELATAN MONITORING HARGA KEBUTUHAN BAHAN POKOK DI PASAR SAKA SELABUNG MUARADUA.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten OKU Selatan memantau ketersediaan dan keterjangkauan harga kebutuhan pokok di pasar Saka Selabung Muaradua, Jumat (24/12/2022).

Adapun Kegiatan Monitoring tersebut melibatkan Tim Pengedalian Inflasi Daerah (TPID) bersama jajaran, kegiatan ini untuk melihat secara langsung ketersedian bahan pokok dan harga di pasaran, pemantauan ini juga dilakukan agar Pemkab bisa bertindak cepat apabila terjadi lonjakan harga, dari hasil pemantauan ini, harga relatif stabil kalau pun ada kenaikan, tidak terlalu tinggi.

Dalam mejelanh hari besar keagamaan nasional rawan mengalami gejolak pasar, khususnya barang kebutuhan pokok, akibat peningkatan permintaan masyarakat. Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, kita tingkatkan sinergi dan koordinasi kembali untuk jaga kecukupan pasokan dan harga barang kebutuhan pokok. Untuk itu perlu dilakukan Sinergi dan melakukan pemantauan langsung ke pasar rakyat, serta gudang barang kebutuhan pokok.

Tujuan kegiatan ini untuk memastikan harga barang kebutuhan pokok di wilayah pantauan masing-masing stabil serta sesuai HET dan harga acuan yang telah ditetapkan terutama di pasat saka selabung muaradua.

Hadir secara langsung, Kepala Bagian Ekonomi setda OKU Selatan, Dinas Ketahanan Pangan, Sat Pol PP, Dinas Koprindag, Jajaran Polres OKU Selatan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

JAGA KEBUGARAN, JAJARAN PEMKAB OKU SELATAN ANTUSIAS IKUTI SENAM SEHAT BERSAMA

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Inspektorat dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan berkolaborasi menjadi coordinator dalam senam sehat bersama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Jumat (23/12/2022).

Pada senam sehat bersama yang rutin dilaksanakan ini, para pegawai di lingkungan Pemkab OKU Selatan baik ASN maupun non-ASN tampak bersemangat dalam melaksanakan senam ini.

Melihat hal ini, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten OKU Selatan, H Hermansyah Said mengapresiasi semangat para pegawai ini. Melalui momen senam sehat bersama ini H Hermansyah berharap agar hal ini selain membuat para pegawai senantiasa dalam keadaan sehat, juga sejalan dengan peningkatan pelayanan dan kinerja di instansi masing-masing.

Dikatakannya, senam seperti ini sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan memperlancar metabolisme tubuh sehingga terhindar dari penyakit. “Dengan dilaksanakannya kegiatan rutin senam setiap Jumat, diharapkan dapat menjaga kondisi tubuh seluruh jajaran ASN maupun non ASN, sehingga tetap sehat dan bugar serta dapat melaksanakan kegiatan bekerja sehari hari dengan optimal,” ujarnya.

Selain untuk memperoleh kebugaran jasmani, kegiatan senam tersebut juga dimanfaatkan sebagai silahturahmi, sarana keakraban dan kebersamaan, karena senam dilakukan bersama di halaman dan membaur antara satu sama lain.

Tampak hadir dalam senam ini para kepala OPD, Kepala Bagian dan pegawai (ASN dan non ASN) di lingkungan Pemkab OKU Selatan.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

SENAM SEHAT JUMAT PAGI 23122022

posted on Portal Resmi Inspektorat Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by inspektorat

Kegiatan Senam Sehat di setiap hari Jumat pagi  sebagai panitia pelaksana oleh 3 (Tiga) OPD yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika, Inspektorat Daerah, dan Dinas Ketahanan Pangan serta diikuti oleh beberapa kelapa OPD serta pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

Senam sehat gembira dapat dilakukan dengan gerakan sederhana, namun manfaat yang didapatkan sangat baik, terutama bagi anak-anak. Berikut adalah berbagai gerakan dan manfaatnya.

Senam adalah latihan tubuh yang gerakannya disusun secara sistematis dan dilakukan dengan tujuan menyehatkan fisik dan mental. Sementara senam sehat gembira pada dasarnya adalah senam irama atau senam ritmik, yakni senam yang dilakukan dengan diiringi musik atau latihan bebas lewat gerakan berirama.

Senam sehat gembira banyak diterapkan pada sekolah-sekolah, terutama pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar, sebagai alternatif gerakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Meskipun demikian, orang dewasa juga bisa melakukan gerakan senam yang sederhana dan ceria ini.

Kecerdasan Kinestetik adalah kecerdasan yang berhubungan dengan anggota tubuh, kecerdasan ini merupakan keahlian menggunakan seluruh anggota tubuh untuk menyampaikan ide dan perasaan.

 

HADIRI GROUND BREAKING PABRIK KELAPA SAWIT, BUPATI POPO ALI HARAPKAN PERUSAHAAN LIBATKAN DAN TERUS JALIN KOMUNIKASI YANG BAIK DENGAN MASYARAKAT

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., melakukan Ground Breaking Pembangunan Proyek Pabrik Kelapa Sawit Perusahaan yang mampu mengolah 15 Ton perjam yang berada di Desa Sumber Raya, Kecamatan Buay Pemaca, Kabupaten OKU Selatan, Kamis (22/12/2022) siang.

Dalam kesempatan ini, Bupati Popo Ali menyampaikan, Pemkab mendukung kegiatan ini yang seharusnya sudah sesuai dengan aturan ataupun ketentuan yang ada serta memenuhi persyaratan yang berlaku. Dengan melalui berbagai persyaratan ini, diharapkan tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Bupati OKU Selatan dua periode ini juga berpesan agar masyarakat OKU Selatan khususnya masyarakat yang berada di sekitar pabrik dapat dilibatkan serta mejalin komunikasi yang baik antara perusahaan dalam hal ini PT Agro Gading Sejahtera dan masyarakat.

“Saya memberi pesan untuk pelaksanaan yang sudah berjalan agar tetap berkolaborasi dengan masyarakat lokal, kami mohon masyarakat dilibatkan serta jalin komunikasi yang baik, antara masyarakat dan perusahaan harus saling mendukung serta kerjasama,” ujarnya.

Manager PT. Agro Gading Sejahtera, Fahri Jaenal menyampaikan tentunya pembangunann ini melalui prosedur standar pabrik kelapa sawit dan melalui sejumlah tahapan. “Melakukan beberapa tahap yakni inisiasi proyek, yang melatar belakangi terbentuknya pengembangan usaha khusus di bidang minyak kelapa sawit,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia merupakan penghasil minyak kelapa sawit terbesar dunia, dan Sumatera masuk ke-5 besar penghasil minyak kelapa sawit di Indonesia. “Oleh karna itu PT. Agro Gading Sejahteta ikut memberikan kontribusi ataupun sumbangsih ekonomi untuk pembangunan nasional dan masyarakat, melalui pembangunan pabrik di atas tanah seluas 5,5 hektar bidang tanah dan melibatkan 100 tenaga kerja dengan keahlian khusus, harapan kami dapat dukungan penuh dari Pemerintah dan masyarakat Kabupaten OKU Selatan, juga berjalan baik sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama CEO PT. Agro Gading Sejahtera, Lei Wen Zhong menyampaikan investasi kebun perusahaan ini keseluruhan seluas 1.300 Ha di Indonesia. Dan selama berinvestasi pihaknya berterimakasih karena mendapat dukungan dari Pemerintah dan warga OKU Selatan.

“Kami ucapkan terimakasih, ini merupakan pengembangan terbaik dan cepat, Indonesia tempat yang indah dengan pegunungan, laut dan warganya yang baik, tentu menjadi minat investor dari seluruh dunia, harapan saya semua hasil petani kebun kelapa sawit OKU Selatan bisa mengantarkan buahnya ke pabrik ini, karna PT. Agro Gading Sejahtera bukan hanya milik saya sendiri tetapi milik semua warga OKU Selatan, saya percaya tahun depan hasil melimpah dan panen melimpah,” ujarnya.

Kegiatan ini ditutup dengan simbolis Peletakan Batu Pertama oleh Bupati OKU Selatan, CEO PT. Agro Gading Sejahtera dan Para Kepala OPD Kabupaten OKU Selatan. Dan tampak hadir dalam ground breaking ini Dandim 0403/OKU atau yang mewakili, Kapolres OKU Selatan, Para Staf Ahli, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Camat, dan para Kepala Desa yang menerima undangan.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

SAT POL PP OKU SELATAN GELAR PEMBINAAN, PENGAWASAN DAN PENYULUHAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN NOMOR 2 TAHUN 2021 TENTANG FASILITASI PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA DAN PREKURSOR NARKOTIKA

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua (22/12) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Satuan Polisi Pamong Praja menggelar Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Nomor 2 Tahun 2021 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Perkursor Narkotika, Kamis (22/12/2022).

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan OKU Selatan Ahmad, S.Pd.I, M.M.

Dalam laporan Kepala Satuan Pol PP Kabupaten OKU Selatan Tarmizi, S.E.,M.M. menyampaikan bahwa tujuan dari digelarnya kegiatan ini untuk mensosialisasikan P4GN dalam rangka memberikan informasi, pemahaman serta kesadaran masyarakat terhadap resiko penyalahgunaan adiksi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya.

Kasat Pol PP juga menjelaskan kegiatan yang diikuti oleh 99 orang peserta ini sebagai upaya Pemerintah dalam kampanye pencegahan dan pemberantasan narkoba dan penyalahgunaan narkoba.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. yang disampaikan oleh Staf Ahli mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh peserta, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya pencegahan dan pembinaan Pemerintah dalam menjaga masyarakat dan generasi muda agar terhindar dari narkoba dan penyalahgunaan narkotika dalam upaya membangun sumber daya manusia yang sehat bebas narkoba, sehingga terwujud masyarakat indonesia yang unggul, cerdas, produktif, berdaya saing, berwawasan kebangsaan dan berakhlak mulia.

“Alhamdulilah telah disahkan Peraturan Daerah terkait P4GN yaitu Perda Nomor 2 Tahun 2021. Penanggulangan bahaya penyalahgunaan narkoba tidak saja membutuhkan komitmen dan kesungguhan semua pihak, tetapi juga aksi nyata semua jajaran pemerintah, legislatif, aparat penegak hukum, sektor pendidikan dan peran serta aktif dari seluruh komponen masyarakat,” unkap Staf Ahli.

Pembinaan dan Pengawasan ini diisi dengan penyampaian materi oleh Kasat Narkoba Polres OKU Selatan AKP Arpanol Amri, S.H. dengan Tema “Dampak dan Sanksi Hukum bagi Penyalahgunaan Narkoba. Selanjutnya penyampaian materi oleh Meiko Pamungkas, S.I.Kom. selaku Penyuluh Narkoba Ahli Pertama, yang menyampaikan Sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2021 dan Bahaya Narkoba di Dunia Usaha.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

PERINGATAN HARI IBU DAN HUT DWP DI KABUPATEN OKU SELATAN JADI MOMENTUM INGATKAN PENTINGNYA PERAN PEREMPUAN DALAM SUATU PEMBANGUNAN

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Peringatan Hari Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-23 dan Hari Ibu ke-94 di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang digelar di Aula Guest House Pemkab OKU Selatan, Kamis (22/12/2022) berjalan sukses dan meriah. Tak hanya itu, momen ini juga dijadikan sebagai sarana promosi Kain Khas kebanggaan Bumi Serasan Seandanan, Kawai Kanduk melalui peragaan busana (Fashion Show).

Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Com., yang hadir langsung dalam kegiatan ini mengapresiasi peran kaum perempuan dan para ibu yang ada di Kabupaten OKU Selata khususnya, dan umumnya di Indonesia yang banyak berperan dalam pembangunan manusia serta pembangunan di suatu daerah. Menurutnya, ibu memiliki tempat tersendiri dalam benak para anak-anaknya.

“Momen ini mengingatkan betapa pentingnya peran ibu dalam benak kita. Ibu juga memiliki peran besar dalam berbagai segi,” ujarnya.

Momen ini juga merupakan refleksi untuk mendukung kesetaraan gender yang mendorong terlibatnya perempuan dalam suatu pembangunan. Dijelaskannya, saat ini ada banyak instansi ataupun organisasi yang melibatkan perempuan untuk suatu kemajuan dan pembangunan.

Bupati OKU Selatan dua periode ini juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada kaum perempuan dan ibu-ibu di Kabupaten OKU Selatan yang terus berperan aktif dalam pembangunan serta mempromosikan potensi Kabupaten OKU Selatan salah satunya Kawai Kanduk, pariwisata dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan yang sama, Penasihat DWP Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo menyebut pada momen peringatan HUT DWP dan Hari Ibu tingkat Kabupaten OKU Selatan ini sengaja digelar Fashion Show yang menampilkan berbagai kreasi Kawai Kanduk. Dikatakannya, OKU Selatan merupakan kabupaten atau daerah pariwisata dan ini harus didukung dengan ciri khas ataupun identitas sehingga membuat Kabupaten ini lebih mudah dikenal.

“Hingga kini alhamdulillah Kawai Kanduk bukan lagi hal asing di masyarakat luas, karena sudah banyak yang melirik Kawai Kanduk ini. Kita harus bangga dengan Kawai Kanduk, karena kalua bukan kita siapa lagi dan fashion show ini menunjukkan Kawai Kanduk ini tidak kaku ataupun identik dengan (kain) warna hitam saja, melainkan Kawai Kanduk ini tetap hidup dan dapat diaplikasikan dengan berbagai warna,” katanya.

Sebagaimana diketahui, kawai kanduk sendiri telah banyak digunakan dalam berbagai momen mulai dari Pembukaan FORNAS VI yang digunakan oleh presenter kondang Choky Sitohang hingga digunakan oleh Ibu Hety Andika Perkasa dalam suatu momen yang dilaksanakan di Brunei Darussalam beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut perempuan yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan ini menuturkan, momen peringatan hari ibu ini menjadi momentum penghargaan dan apresiasi bagi perempuan. Kegiatan ini juga diharap dapat menghilangkan isu gender dan menjunjung kesetaraan gender.

“Selamat memperingati Hari Ibu ke-94 dan Selamat memperingati Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ke-23 tahun 2022,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DWP Kabupaten OKU Selatan, Hj Lidia Purnamasari Romzi mengungkapkan, DWP pada dasarnya merupakan organisasi dan wadah bagi kaum perempuan khususnya para istri pegawai negeri untuk berbagi wawasan dalam menguatkan pemberdayaan perempuan. Dan momen ini (peringatan hari ibu dan HUT DWP) dapat dijadikan momen bagi perempuan untuk berhimpun dan membangun diri.

Selain itu, para anggota DWP juga diharapkan dapat menjadi penggerak peningkatan keluarga dan kapasitas kaum perempuan dengan mewujudkan kapasitas dan kualitas karena ibu dan perempuan yang hebat dan cerdas adalah modal untuk membangun. “Mari belajar dan mengasah kemampuan di segala bidang untuk pengembangan karakter sehingga menjadi panutan di keluarga dan masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, menampilkan berbagai macam kreasi busana yang terbuat dari Kawai Kanduk yang digunakan oleh para Ketua DWP di setiap Unit ataupun dinas termasuk diperagakan oleh Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Muaradua. Busana Kawai Kanduk pada kegiatan fashion show ini hadir dengan berbagai bentuk desain dan warna yang tampak anggun digunakan.

Tampak hadir dalam momen ini, Kapolres OKU Selatan, Kepala Kemenag OKU Selatan, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKU Selatan, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab OKU Selatan, para camat, Ketua Adhyaksa Dharmakarini, perwakilan Ketua Bhayangkari, Perwakilan Ketua Ikatri, Perwakilan Persit Kartika Chandra Kirana serta para tamu undangan lainnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

PIMPIN APEL GELAR PASUKAN OPS LILIN MUSI 2022, BUPATI POPO ALI BERHARAP PERSONEL KEDEPANKAN LANGKAH PREDIKTIF DAN DETEKSI DINI

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2022 di Polres OKU Selatan, Kamis (22/12/2022) pagi. Tak hanya menghadiri, dalam kesempatan tersebut Bupati juga menjadi pemimpin apel gelar pasukan.

Dikatakan Bupati yang membacakan Amanat Tertulis Kapolri mengatakan, Operasi Lilin 2022 ini dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Bupati, atas nama Pemerintah Daerah juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin 2022.

Dijelaskannya, apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) dapat berjalan dengan kondusif.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa laju
pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah
terkendali, sehingga pemerintah memberikan
pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh
wilayah berada pada PPKM Level 1,” ucapnya.

Momentum Nataru, lanjut Bupati, selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Dan hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini.

“Oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI, K/L,
Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 s.d. 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari s.d. 9 Januari 2023. Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan. Berbagai hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman sebagaimana perintah dari Presiden Joko Widodo bahwa, “Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat natal dan tahun baru ini betul-betul disiapkan, agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman,” jelasnya.

Guna mendukung berbagai upaya pengamanan
pada Operasi Lilin 2022, Kapolri menginstruksikan untuk optimalkan peran Command Center yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan terintegrasi dengan CCTV di lapangan, sehingga upaya pengawasan maupun pengambilan keputusan dapat diambil secara cepat, serta tepat guna menghadapi perkembangan dinamika situasi di lapangan. Selain itu, perkuat juga strategi komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi. Pastikan setiap pemberian informasi tidak hanya sent, namun juga delivered, sehingga masyarakat betul-betul terbantu dengan informasi yang diberikan. Perlu saya garis bawahi, keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas.

“Kepada seluruh personel pengamanan, saya berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing-masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini. Saya juga berpesan agar rekan-rekan senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan, serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah. Tanamkanlah dalam diri, bahwa apa yang kita lakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, serta merupakan bagian dari ibadah itu sendiri,” ujarnya.

Dalam apel ini juga dilaksanakan peninjauan pasukan dan sarana oleh Bupati OKU Selatan didampingi Kapolres OKU Selatan AKBP Indra Arya Yudha, S.H., S.I.K., M.H., Kajari OKU Selatan Dr. Adi Purnama, S.H., M.H. Dandim 0403 yang diwakili Pabung.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan ini FKPD/ yang mewakili, Kakan Menag, Kadin Pariwisata, Kadinsos, Kadin PU PR, Kaban Kesbangpol, Kadin Koperindag, Kadin Kominfo, Kadishub, Kadin SatPol PP, Kadinkes, Kalaksa BPBD, Kepala Rutan Muaradua, Kepala KUA, Kepala Jasaraharja, Direktur PLN, Kepala Senkom dan undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

BUPATI POPO ALI APRESIASI KINERJA POLRES, KEJARI DAN BPN KABUPATEN OKU SELATAN

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., memberikan Penghargaan Kepada Kepolisian Resor (Polres), Kejaksaan Negeri (Kejari) dan BPN OKU Selatan, Rabu (21/12/2022), di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU Selatan.

Penghargaan kepada kepolisian Resor OKU Selatan atas pengungkapan kasus pembunuhan pasal 338 KUHP di wilayah hukum Kabupaten OKU Selatan, Kejaksaan Negri OKU Selatan armtas dukungan penanganan masalah hukum pelaksanaan program pengamanan barang milik Daerah, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) OKU Selatan atas dukungan program pengamanan milik Daerah.

Bupati Popo Ali menyampaikan, kegiatan ini sbagai ajang silaturahmi sekaligus apresiasi pemerintah daerah. “Penghargaan ini diberikan atas kinerja baik, tentu ini menjadi motivasi kita bersama allhamdulilah tercapai. Di akhir tahun ini kami anggap kinerja kepemimpinan Kapolres OKU Selatan luar biasa, manfaatnya terasa buat publik, setelah kejadian ini kami anggap OKU Selatan menjadi wilayah yang aman, terimakasih atas kinerja Kapolres OKU Selatan, Kajari, Kepala BPN, tentu mengikuti hal lain ini merupakan kerjasama banyak pihak,” ujarnya.

Kepala Kejari OKU Selatan, Dr. Adi Purnama, S.H., M.H., dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi terungkapnya kasus pembunuhan oleh kapolres dalam waktu yang sangat cepat.

“Kami menjalankan tugas menurut undang-undang yang berlaku yakni penyelamatan aset keungan Negara, terimakasih tentu tak lepas dari dukungan stakeholder dari BPKAD dan dinas terkait seperti dinas Perikanan, dinas PUTR dan DPRD, berkat kerjasama yang baik sejumlah 1.3 Milyard terselamatkan, kedepan kami akan mendampingi BPN dikhawatirkan salah dalam mengambil langkah, jangan sampai penerbitan sertifikat ini melanggar hukum,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini FKPD, Para Staf Ahli, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Kabag, Kapolres, Kejaksaan.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

BUPATI POPO ALI INSTRUKSIKAN JAJARAN SAMAKAN PERSEPSI DAN BERINOVASI UNTUK DORONG PENINGKATAN PENDAPATAN DAERAH

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., memimpin langsung rapat evaluasi di Ruang Rapat Terbatas Pemkab OKU Selatan, Rabu (21/12/2022). Dalam rapat ini dibahas mulai dari penerimaan pajak daerah dari berbagai sektor, evaluasi penerimaan retribusi daerah, serta penyampaian Dana Bagi Hasil (DBH) pajak daerah kepada desa tahun 2022.

Dalam rapat ini, Bupati berharap agar seluruh OPD memiliki rasa tanggungjawab yang sama terutama para camat dan kepala desa dalam konteks pembahasan rapat ini. Selain itu, Bupati juga ingin jajarannya hingga kepala Desa untuk mensosialisasikan dan merealisasikan pajak maupun dana bagi hasil ini agar masyarakat paham akan fungsi dan manfaatnya.

Bupati OKU Selatan dua periode ini juga berharap agar OPD dapat berinovasi sehingga ke depan akan terus ada perbaikan dan peningkatan ke arah yang semakin baik. Selain itu, Inovasi ini juga diharapkan dapat mendorong kinerja dari Pemkab OKU Selatan.

“Maka dari itu saya ingin kita punya persepsi yang sama untuk meningkatkan PBG,” pungkasnya.

Sementara, dalam paparannya, Kepala Bapenda Kabupaten OKU Selatan, Linkulin pelaksanaan alokasi dan penyaluran dana bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah kepada desa inidiatur salah satunya dalam Perbup OKU Selatan No 10/2020.

Menurutnya, Pemerintah kabupaten mengalokasikan bagian dari hasil penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah kepada desa paling sebesar 10% dari realisasi penerimaan hasil pajak daerah dan retribusi daerah.

Dana bagi hasil kapada desa dari pemerintah kabupaten merupakan sumber pendapatan desa yang diperuntukkan untuk belanja desa dan di tetapkan dalam anggaran pendapatan dan belanja desa,

Pengalokasian dana bagi hasil dilakukan berdasarkan ketentuan sebagai berikut 60% dibagi secara merata kapada seluruh desa dan 40% dibagi secara proporsional berdasarkan bobot proporsional pelunasan pajak daerah dari desa masing-masing.

Pengunaan dana DBH itu sendiri, jelasnya, untuk mendukung pelayanan pemerintah di desa dan pembinaan kemasyarakatan serta operasional peningkatan pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah tahun berjalan disesuaikan dengan prioritas pemerintah Kabupaten OKU Selatan. Dana bagi hasil, ini, katanya, dianggarkan dalam APBDes pada kelompok pendapat transfer ke desa dan apabila terdapat perubahan jumlah alokasi dana bagi hasil setelah APBDes ditetapkan maka perbuhan alokasi dana bagi hasil disesuaikan pada perbuhan APBDes tahun anggaran berkenaan terhadap kekurangan pembayaran dan bagi hasil tahun sebelumnya di penuhi secara bertahap yang dianggarkan pada tahun berikutnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

BAHAS RENCANA PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) TAHUN 2023, SMK SE-OKU SELATAN

posted on Disnakertrans by disnakertran

MUARADUA- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi OKU Selatan bersama Pengurus Bursa Kerja Khusus (BKK) dan BPJS Ketenagakerjaan OKU RAYA, Rabu (21/12/2022)

Dalam pertemuan tersebut membahas terkait Praktek Kerja Lapangan (PKL) para Siswa Magang SMK se-OKU Selatan untuk Tahun 2023, diharapkan dapat berjalan sesuai harapan.

Selanjutnya BPJS Ketenagakerjaan yang nantinya dapat memfasilitasi pekerja yang tersalurkan dalam kepesertaan BPJS KETENAGAKERJAAN.

Pertemuan terkait tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. OKU Selatan mengharapkan kerjasama yang baik kepada para pihak yang sesuai dengan peranannya masing-masing.

Bertempat Ruang Kerja Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi OKU Selatan.

BPKAD KABUPATEN OKU SELATAN GELAR BIMTEK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SKPD TAHUN ANGGARAN 2022

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua (21/22) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan, Rabu (21/22/2022).

Mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. Bimtek yang digelar di Aula Pemkab OKU Selatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten OKU Selatan H. Hermansyah Said, S.Ip.

Mengusung Tema “Kita Wujudkan Laporan Keuangan yang Dapat Diandalkan Akuntabel dan Tepat Waktu serta Mudah Dipahami”. Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Akhir Tahun SKPD Tahun Anggaran 2022 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan ini digelar dengan maksud untuk memberikan bimbingan secara teknis kepada para petugas dimasing-masing OPD yang bertanggungjawab terhadap penyusunan Laporan keuangan SKPD dengan harapan dapat meningkatkan keahlian, kemampuan Sumber Daya Manusia di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dalan hal peningkatan kualitas penyajian serta penyusunan laporan keuangan akhir tahun di SKPD masing-masing, sehingga laporan dimaksud bisa diandalkan, akuntabel, serta tepat waktu dalam penyampaiannya.

Dalam Laporan Kepala BPKAD Kabupaten OKU Selatan M. Rahmatullah, S.STP.,M.M. mengatakan, bahwa dengan adanya Bimtek ini dapat membantu untuk penyusunan LKPD Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, dengan sajian-sajian yang wajar dan bisa ditelusuri oleh auditor yang pada akhirnya menjadi harapan bersama, semoga Predikat Wajar Tanpa Pengecualian yang telah dicapai di delapan tahun Anggaran yang lalu bisa tetap dipertahankan.

Kepala BPKAD juga melaporkan, untuk peserta kegiatan bimtek ini diikuti oleh 139 orang, yang terdiri dari bendahara penerimaan, bendahara pengeluaran dan operator SIPD di mana setiap peserta mewakili Dinas, Badan, di Lingkungan Pemkab OKU Selatan.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan yang disampaikan oleh Asisten II, menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek penyusunan laporan keuangan SKPD ini merupakan salah satu langkah Pemerintah Daerah khususnya Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah yang mempunyai fungsi sebagai pembuat regulasi dan memberikan bimbingan untuk meningkatkan kemampuan aparatur yang terlibat dalam pengelolaan keuangan dalam penyusunan laporan keuangan SKPD, sehingga tidak menyimpang dari peraturan Perundang-undangan.

“Kita patut berbangga, laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021 yang disajikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan memberikan opini “Wajar Tanpa Pengecualian” ini adalah prestasi yang ke delapan kalinya yang diperoleh oleh Kabupaten OKU Selatan. Ini membuktikan bahwa kita telah mampu menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan ini semua buah karya para aparatur yang terlibat dalam pengelolaan keuangan di SKPD masing-masing,” ungkap Asisten II.

Asisten II juga berharap, semoga Opini Tanpa Pengecualian yang telah kita capai untuk ke delapan kalinya dapat kita raih pada laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2022 ini.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

PENGKUHAN PENGURUS BKK SMK SE-KABUPATEN OKU SELATAN

posted on Disnakertrans by disnakertran

MUARADUA – Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B.Com., Kukuhkan Pengurus Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Se-Kabupaten OKU Selatan Periode 2020-2025, Selasa (20/12/2022).

Pengukuhan ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua MKKS-SMK Nomor 420/77/MKKS-SMK/2020.Tentang Pembentukan Pengurus Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Kabupaten OKU Selatan Periode 2020-2025.

Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penempatan dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sub sistem pendidikan nasional yang bertanggung jawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi pada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja.

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan, Turut hadir Para Staf Ahli, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Kabag, Camat Muaradua, Camat Buay Sandang Aji, Camat Buay Rawan, Camat Buana Pemaca serta undangan lainnya.

EMPAT CALON PEPIMPIN BAZNAS KABUPATEN OKU SELATAN PERIODE 2022-2027 IKUTI VERIFIKASI FAKTUAL SECARA ONLINE

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua (20/12) Verifikasi Faktual (Wawancara) Online Calon Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten OKU Selatan Periode 2022-2027, Selasa (20/12/2022).

Bertempat di Aula Video Conference Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan, wawancara Calon Pimpinan Baznas Kabupaten OKU Selatan digelar secara daring, dengan Tim Wawancara dipimpin oleh Pimpinan Baznas RI untuk Wilayah Sumatera Selatan Ir. H. Muhammad Nadratuzzaman Hosein, MA, MEc.,Ph.D.

Wawancara melalui Zoom ini diikuti oleh Empat Calon Pemimpin Baznas Kabupaten OKU Selatan, yang mana proses pelaksanaan wawancaranya dilakukan secara bergantian.

Kepala Bagian Kesra Setda OKU Selatan Ruswani, S.P.,M.M. terkait pelaksanaan Verifikasi Faktual ini berharap, agar kedepan dengan kepengurusan yang baru, bisa lebih eksis lagi, baik kinerja yang lebih nyata, khususnya di tengah masyarakat agar bisa merasakan manfaat dari adanya Baznas ini. Juga Bisa meningkatkan pendapatan nizhab dari yang berzakat.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

BUPATI POPO ALI KUKUHKAN PENGURUS BKK SMK SE- KABUPATEN OKU SELATAN PERIODE 2020-2025.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B.Com., Kukuhkan Pengurus Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Se-Kabupaten OKU Selatan Periode 2020-2025, Selasa (20/12/2022).

Pengukuhan ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua MKKS – SMK Nomor 420/77/MKKS- SMK/2020. Tentang Pembentukan Pengurus Bursa Kerja Khusus ( BKK) SMK Kabupaten OKU Selatan Periode 2020-2025.

Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sub sistem pendidikan nasional yang bertanggungjawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja.


Dalam sambutan Bupati Popo sampaikan, ucapan selamat atas dikukuhkannya Pengurus Bursa Kerja Khusus ( BKK) SMK Kabupaten OKU Selatan Periode 2020-2025, semoga kedepan dapat berintegrasi dengan pemerintah dalam mengentaskan pengangguran, diharapan BKK SMK bisa bekerja sama dengan semua pihak terutama perusahaan yang membuka lapangan kerja sehingga kedepan Bisa mewujudkan OKU Selatan semakin sejahtera.

Bursa Kerja Khusus (BKK) diharapkan bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja untuk mnghubungkan dengan pengguna tenaga kerja yakni Dunia Usaha/Dunia industri, yang mana masing-masing lembaga sudah mempunyai Institusi pasangan sejak adanya praktik kerja lapangan (PKL) atau Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).

Dengan demikian mempermudah pengguna untuk mencari tenaga kerja sesuai dengan bidang masing-masing, sesuai dengan kompetensi lulusan dari masing-masing SMK.

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan, Turut hadir Para Staf Ahli, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Kabag, Camat Muaradua, Camat Buay Sandang Aji, Camat Buay Rawan, Camat Buana Pemaca serta undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

JELANG NATAL DAN TAHUN BARU 2023, SERTA PERSIAPAN SAMBUT HUT KE-19 KABUPATEN OKU SELATAN, BUPATI HARAPKAN SELURUH OPD DAN CAMAT RESPONSIP DALAM SUKSESKAN TIAP KEGIATAN

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua (19/22) Bupati OKU Selatan Popo Ali.,M.B.Com. pimpin langsung Rapat Persiapan menyambut Natal dan Tahun Baru 2023, serta Persiapan Peringatan Hari Jadi Ke-19 Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023, Senin (19/12/2022).

Rapat yang digelar di Ruang Rapat Terbatas Bupati OKU Selatan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Asisten I, Staf Ahli, Inspektur, Para Kepala OPD, Para Camat dan Undangan Lainnya.

Rapat diawali dengan Paparan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten OKU Selatan Harsen, M.M. terkait Persiapan penyelenggaraan Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, yang memuat rekayasa lalu lintas selama Natal dan Tahun Baru.

Dilanjutkan dengan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda OKU Selatan Devianto Saputro, S.Ip. menyampaikan Paparannya terkait Persiapan Peringatan Hari Jadi Ke-19 Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023.

Dalam paparannya Kabag Tapem ini menjelaskan bahwa HUT Ke -19 Kabupaten OKU Selatan yang diperingati setiap tanggal 7 Januari ini mengusung Tema “Maju Bersama Menuju OKU Selatan yang Lebih Sejahtera”.

Kabag Tapem juga menjelaskan terkait Rencana Rangkaian Kegiatan yang akan di mulai dari Tanggal 10 Januari 2023 sampai dengan puncak peringatan Sidang DPRD Kabupaten OKU Selatan yang rencananya akan digelar pada 24 Januari 2023.

Terakhir paparan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan Jos Akherman, S.STP.,M.Si. terkait Kesiapan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mendukung Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023.

Bupati OKU Selatan dalam arahannya berharap kepada seluruh Kepala OPD terkait untuk paham dan respon, serta tanggungjawab dalam pelaksanaan Natal, Tahun Baru dan Peringatan HUT Ke-19 Kabupaten OKU Selatan.

“Saya minta harus ada kolaborasi dan respon dari semua OPD, baik Kepala OPD, Camat. Saya mau perayaan Natal dan Tahun Baru, Libur Sekolah termasuk Perayaan HUT Ke-19 Kabupaten OKU Selatan menjadi tanggungjawab kita semua, dan saya ingin respon yang paling penting harus ditanamkan,” pinta Bupati.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

WUJUDKAN PERAYAAN NATAL DAN TAHUN BARU YANG KONDUSIF, PEMKAB OKU SELATAN DUKUNG PELAKSANAAN OPERASI LILIN MUSI 2022

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H Hermansyah Said menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Lilin Musi 2022 pengamanan Natal 2022 dan tahun baru 2023 di Aula Sertu Pol Hadinata Polres OKU Selatan, Senin (19/12/2022).

Dikatakan H Hermansyah Said, pada prinsipnya Pemkab OKU Selatan siap mendukung operasi pengamanan ini. Dan berharap agar pengamanan ini dapat berjalan lancar dan Kabupaten OKU Selatan sentiasa dalam kondisi aman, damai dan kondusif.

Dalam kesempatan yang sama, Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Dr. Drs. Arief Sulistyanto menyampaikan tugas pokok Mabes Polri dan jajaran satuan kewilayahan di dukung TNI /lembaga serta mitra Kamtibmas lainnya menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin-2022 di seluruh wilayah Indonesia.

Operasi ini, lanjutnya akan berlangsung selama 11 hari yang mengedepankan kegiatan pencegahan dengan didukung deteksi dan penegakkan hukum dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan tahun baru 2023.

“Sehingga masyarakat dapat merayakan natal dan tahun baru dengan aman dan selamat, tertib, lancar dan sehat dengan menerapkan protokol kesehatan (memakai masker),” pungkasnya.

Dia menuturkan, tujuan dari operasi ini yaitu menciptakan rasa aman kepada masyarakat sebelum dan sesudah ibadah natal dan tahun baru di masing-masing wilayah dari segala potensi ancaman dan gangguan selama melaksanakan kegiatan ibadah, mudik dan wisata.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

PEMKAB OKU SELATAN LAKUKAN PENANDATANGANAN BERSAMA PTDI STTP KEMENTRIAN PERHUBUNGAN RI, TENTANG PEMENUHAN SDM BIDANG PERHUBUNGAN DARAT DI KABUPATEN OKU SELATAN.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dan Politeknik Transportasi Darat Indonesia Sekolah Tinggi Transportasi Darah (PTDI STTD) Kementerian Perhubungan RI, melakukan penandatanganan Kerjasama tentang Pemenuhan kebutuhan Sumber daya Manusia di bidang Perhubungan darat di Kabupen OKU Selatan, Senin (19/12/2022).

Hadir secara langsung Kepala BKPSDM Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Eva Nirwana, S.I.P.,M.M., Direktur politehnik transportasi darat STTD Indonesia dan wakil direktur II bidang umum dan kerjasama, wakil direktur akademin PTDI STTD.

Penandatanganan Kesepakatan bersama ini dimaksudkan agar dapat saling memanfaatkan potensi yang ada pada masing-masing pihak, guna mendapatkan peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di bidang transportasi serta untuk meningkat standar pelayanan kepada Masyarakat di bidang perhubungan darat.

Semoga melalui perjanjian kerjasama ini SDM di bidang Transportasi darat Pemerintah Daerah dapat terpenuhi dan memiliki kompetensi tinggi.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

BUPATI OKU SELATAN SECARA RESMI BUKA PEMBINAAN DAN PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA SAT LINMAS SE KABUPATEN OKU SELATAN

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

Muaradua (19/22) Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran menggelar Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) Kabupaten OKU Selatan Tahun 2022, Senin (19/12/2022).

Kegiatan yang digelar di Aula Pemkab OKU Selatan ini diikuti oleh 175 orang dari Linmas Desa/Kelurahan di 19 Kecamatan Se Kabupaten OKU Selatan.

Dalam laporan Ketua Pelaksana Kegiatan oleh Kepala Sat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten OKU Selatan Tarmizi, S.E.,M.M. menyampaikan, bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini untuk membekali para anggota Linmas dengan pengetahuan dan wawasan agar lebih memahami tugas pokok dan fungsi Linmas dalam membantu keamanan dan ketertiban di masyarakat, serta meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi tahun Pemilu 2024 khususnya.

Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. dalam sambutannya sekaligus membuka pembinaan ini menyampaikan, bahwa Bupati sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan wawasan dan tugas pokok Linmas.

Bupati menjelaskan, bahwa Linmas akan berperan dalam kesuksesan Pemilu dan Pilkada tahun 2024, terutama dalam memastikan pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman. Satuan Linmas juga memiliki kemampuan dalam mengendalikan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, dan diharapkan Linmas juga bersikap Netral.

“Maka pada konteks inilah Linmas sebagai garda terdepan keamanan dan ketertiban masyarakat berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu. Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif serta memperkokoh kerjasama sinergis dengan seluruh komponen penyelenggara Pemilu serta dengan pihak keamanan yaitu TNI/Polri agar Pemilu dapat berlangsung secara aman dan terkendali,” terang Bupati.

Usai dibuka secara resmi oleh Bupati OKU Selatan, Pembinaan ini diisi dengan penyampaian Materi oleh Kasat Pol PP, KPU OKU Selatan dan Kaban Kesbangpol.

Turut hadir dalam kesempatan ini Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kaban Kesbangpol, dan Undangan Lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

SEKRETARIS DAERAH OKU SELATAN PIMPIN RAKOR HASIL PELAKSANAAN SURVEY PEMETAAN BATAS WILAYAH.

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Sekretaris Daerah Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H. Romzi, S.E., M.M., Pimpin Rapat Paparan Hasil Pelaksanaan Survey Pemetaan Batas Wilayah, senin (19/12/2022), di Ruang Rapat Sekda.

Dalam paparannya Konsultan Arif menyampaikan yang melatar belakangi berdasarkan Undang-undang nomor 6 tahun 2014, Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintah. Pengolahan data yang terdiri dari Data RTK, Koordinat batas Desa, dan Pengambaran, yang akan diteliti yakni Kelurahan Bumi Agung, Desa Datar, Desa Gedung Lepihan, Kelurahan Kisau, Kelurahan Pancur Pungah, Kelurahan Pasar Muaradua, Desa Plangki, Desa Pendagan dan Kecamatan Muaradua.

“Ini bertujuan untuk menetapkan dan penegasan batas Desa sesuai pedoman teknis yang ada dalam KEMENDAGRI No 45 Tahun 2016, tentang pedoman penetapan dan penegasan batas Desa. Juga mendapatkan data informasi dan peta indikatif batas Desa di Kecamatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan,” ucapnya.

Sekretaris Daerah juga sampaikan tanggapannya dari paran tersebut kita semua harus paham, tapal batas wilayah ini sangat diperluakan.

“Diharapkan seluruh Desa ada tapal batas Desa dengan pengambilan data primer dan skunder, tapal batas Desa ini harus mutlak kesepakatan antar desa, jangan sampai dikemudian hari lain kepala desa lain lagi, pilar itu harus permanen tidak bisa berubah sampai kapanpun, jika telah disepakati tidak adalagi permasalahan tentang batas Desa,” ucapnya.

Dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Bappeda Litbang, Kadin PU PR, Kadin Perkim, Kadin Parbud, Kabag Tapem, Kepala BPN, Camat Muaradua, Camat Buay Rawan, Camat Buay Sandang Aji, Camat Buana Pemaca, Para Lurah dan Para Kepala Desa yang Menerima Undangan.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

PEMKAB OKU SELATAN GELAR UPACARA PERINGATAN HARI BELA NEGARA TAHUN 2022 DENGAN TEMA " BANGKIT BELA NEGARAKU, JAYA INDONESIAKU".

posted on Portal Resmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan by portal

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melaksanakan upacara Peringatan Bela Negara Ke-74 Tahun 2022. Bertempat di Lapangan Pemkab OKU Selatan, Senin (19/12/2022).

Dalam kesempatan ini bertindak sebagai Pembina Upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan H. Romzi S.E.,M.Si. Peringatan Bela Negara Ke-74 Tahun 2022 ini mengusung tema “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku”.

Hari Bela Negara ini diperingati setiap tanggal 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Syafroedin Prawiranegara di Bukit Tinggi, Sumatera Barat pada 19 Desember 1948.

Tujuan diperingatinya Hari Bela Negara setiap 19 Desember adalah dalam rangka lebih mendorong semangat kebangsaan dalam bela negara dalam rangka mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Dalam amanat Sekretaris daerah sampaikan tugas bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri semata. Namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia, sebagai bagian dari komponen bangsa.

Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing dan menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaaan kita, untuk ikut serta dalam bela negara, di manapun kita berada. apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, apapun pekerjaan kita, semua punya hak, semua punya kewajiban dan semua punya kesempatan yang sama untuk bela negara”, jelasnya.

Turut hadir Para Staf Ahli, Para Asisten, Para Kepala OPD beserta jajaran, Para Kepala bagian serta undangan lainnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan