Menu Close

AWAL YANG BAIK, P4LADASSS OKUS SABET JUARA 3 DALAM LOMBA POP DAERAH SE SUMATERA SELATAN TAHUN 2019

 

Baturaja, 22 September 2019

Dalam rangka untuk memajukan perkembangan Pariwisata Kab.OKU, Disparbud Kab.OKU mengadakan Lomba Lagu Pop Daerah Se Sumsel.Dalam kesempatan ini Pengurus Cabang P4LADASSS OKUS (Persatuan Pencipta, Pemusik, Penyanyi Lagu Daerah Se Sumsel) Cabang OKU Selatan yang di Ketuai Oleh Rizal Alhudri.AK,A.Md.Par (Sekaligus Ketua Forum Pesona OKU Selatan Community) dalam kegiatan tersebut, Pengurus P4LADASSS OKUS mengirimkan utusan seorang penyanyi Putra Daerah asal OKU Selatan Ari Chandra, yang merupakan salah satu Anggota ( pelaku seni).
Dengan keterbatasan peralatan operasional dan financial tidak menyurutkan semangat kami untuk turut mensukseskan acara tersebut (tutur Rz).
Meskipun P4LADASSS adalah Organisasi Besar yang baru berdiri, tetapi untuk Keanggotaan sudah banyak yang turut andil dari Perwakilan berbagai Kab./Kota Se Sumatera Selatan, yang notabene langsung direkrut Oleh Promotor sekaligys Ketua Umum Armadi Raga, yang merupakan salah satu Seniman Sumsel yang sudah aral melintang di kanca Lagu” Melayu Nasional dengan beberapa karya album lagu” daerah.
Di Sumatera Selatan, khusunya Kabupaten OKU Selatan dimana setiap Kecamatan memiliki Kesenian, Adat dan Budaya yang sangat kaya. Tapi sangat disayangkan keanekaragaman tersebut tidak pernah tergali dan nyaris tidak pernah dilestarikan dan digubris oleh pihak manapun.
Berangkat dari niat Baik dan Tulus, dan restu dari Armadi Raga selaku Ketum P4LADASSS, saya bermaksud untuk meneruskan cita” bagi para putra putri Daerah yang memiliki keterampilan dan bakat dalam berkesenian (tarik suara dan musik) dengan mencoba membantu berikan wadah untuk menyalurkan semua itu (dalam hal positif), ungkap Rizal.
Awal yang baik dengan mengikuti / berpartisipasi dalam Lomba Lagu Pop Daerah Se Sumatera Selatan Tahun 2019 yang diadakan oleh Disparbud OKU sejak 20 September 2018 dan 22 September 2019.
Utusan P4LADASSS OKU SELATAN dapat menyabet Juara 3 setelah melalui berbagai ujian teknisi yang cukup pelik dan berhasil menyaingi beberapa peserta utusan Kab./Kota lainnya.
Penyanyi Putra Daerah Ari Chandra menyuguhkan penampilan yang tidak kalah baik dengan peserta lainnya. Dengan membawakan Lagu Wajib (Melati Karangan) dan Lagu Pilihan (Bujang Gadis : Cipt. Orpen Malhadi) yang mana lagu ini pertama kali dibawakan dan diperkenalkan melalui Lomba ini, yang sebelumnya sudah mendapat izin / restu dari Sang Maestro Seniman OKU Selatan tersebut (red ; orpen malhadi). Dengan harapan, kelak bisa tetap dan terus berkarya menelurkan generasi” muda pelaku seni di OKU Selatan yang tidak lelah berjuang. Dan Insyallah album berikutnya akan segera digarap dan di release, mohon do’a dan restu untul semua masyarakat OKU Selatan (ujarnya).
Rizal pun menambahkan, banyak langkah dan cara untuk mempromosikan aset daerah yakni ; Pariwisata, Seni dan Budaya di Bumi Serasan Seandanan tercinta ini, bisa juga melalui rekaman karya” lagu (yang berlirikan potensi wisata). Akan tetapi masih banyak kendala dan hambatan yang didapati, salah satunya adalah kurangnya minat pemuda pemudi dalam melestarikan lagu” daerah serta belum dapatnya dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan Instansi terkait.
Besar harapan kami kelak ada pihak sponsor atau management musik dapat membantu pengembangan Forum ini, baik dari fasilitasi dan kemudahan lainnya. Dengan melalui P4LADASSS ini semoga dapat memberikan sumbangsi dan kontribusi yang positif bagi seluruh masyarakat Se Sumatera Selatan, khususnya di Kab. OKU Selatan.
Yang kami takutkan hanyalah hilangnya regenasi pelestari seni dan budaya warisan nenek moyang, yang kian ditelan oleh pengaruh lagu” modernisasi (unfaedah).
Dalam kesempatan ini juga Rizal selaku Ketua P4LADASSS OKUS menghimbau dan mengajak para Putra Putri OKU Selatan dimanapun berada untuk bersama bergabung di Forum ini, selain sebagai ajang silaturahmi juga menjadi wadah untuk menyalurkan bakat seni masing”.
Terakhir terima kasih kepada semua pihak yang telag berkenan memberikan dukungan do’a dan restu, semoga segala amal kebaikannya menjadi ladang pahala, aamiin

Adapun SUSUNAN STRUKTUR ORGANISASI
PENGURUS PERKUMPULAN, PENCIPTA, PEMUSIK, PENYANYI LAGU DAERAH
SE SUMATERA SELATAN
(P4LADASSS)
KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN

PENASEHAT :
BUPATI OKUSELATAN
Popo Ali Martopo, B.Commercee

DEWAN PENGAWAS :
KETUA DEWAN KESENIAN KABUPATEN OKU SELATAN
Isyana Lonetasari Popo

DEWAN PEMBINA :
– Topan Jabar, S.ST
– Imron.AB, SE
– OrpenMalhadi

KETUA :
Rizal Alhudri.AK,A.Md.Par

SEKRETARIS :
Nova Windasari

BENDAHARA :
Rawi Ravian, S.IP

Anggota Pelaku Seni :
– Abizarrin
– Alkhairinis’ai
– Ari Chandra
– Sustiana Fatika
– Seffi lia Agustin
– Wenty Marizha
– Edi Pranoto
– Yudhi
– Okis
– Abdul Jalil
– Budi Febrianto

Pada saat pembentukan tidak ada penjabat, toh kami bukan dari golongan penjabat, ini murni kegiatan seniman pelaku seni. Hanya saja Organisasi LADASSS ini sudah kami hadapkan kepada Gubernur terpilih Sumsel (H. Herman Deru) Dengan tujuan kedepan kami mengharapkan diresmikan dan di akui kami ada di Bumi Sriwijaya Sumatera Selatan, tanpa embel-embel politik dan lain-lain (Tambahan Ujaran ; Armadi Raga)

 

sumber : http://okuselatankab.go.id

photo by : @mamak luntam