Menu Close

INDOSIANA MELAKSANAKAN RAPAT TEKNIS PERSIAPAN FESTIVAL DANAU RANAU TAHUN 2019 DI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN OKU SELATAN

Halo Sobat Wisata. !!
Halo Sobat Budaya. !!
Udah ada yang tahu gak nie..!!!
Kemarin (25/04/2016) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melaksanakan Rapat teknik dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Festival Danau Ranau Tahun 2019. Yang dihadiri oleh kurator pusat, kurator propinsi, kurator daerah, pemangku adat kabupaten, pelaku seni tutur dari enam suku, daya, komering, haji, kisam, semende
Di tahun 2019 ini Festival Danau Ranau mengukir sejarah baru lagi dalam perkancahan dan pergerakan dinas pariwisata dan kebudayaan setelah kemarin membuat sejarah baru dengan Event JASS 8 yang didukung penuh oleh gubernur sumatera selatan dengan terjun langsungnya Beliau ke dalam event Jelajah Alam Serasan Seandanan ke 8 / JASS 8 tersebut yang telah digelar dibulan Februari 2019 lalu.
Semenjak Festival Danau Ranau digelar dikabupaten OKU selatan.
Seperti yang kita ketahui bahwa Festival Danau Ranau adalah kegiatan event tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah kabupaten OKU Selatan sejak 2008 untuk mengenalkan wisata, budaya, culture, keindahan dan kekayaan alam. Dll yang dimiliki oleh OKU Selatan.
Sejarah yang diukir ini salah satunya OKU selatan di Support oleh pemerintah Pusat melalui menteri pendidikan dan Kebudayaan dengan menghadirkan INDOSIANA. Tujuan dari Indosiana ini seperti yang dijelaskan dalam Rapat Teknis bahwa tujuan INDOSIANA adalah tujuan kerja budaya (bukan pariwisata atau lainnya).

Point penyampaian dalam rapat teknis ini yaitu :
– Pencapaian yang tercatat memperlihatkan output, namun belum memperlihatkan outcome.
– Pengertian festival perlu disegarkan, karena kelihatannya terjebak sikap “the show must go on”,
– Ekosistem merupakan logika dasar yang dipakai; di sini menerjemahkan rantai nilai kreasi, produksi, diseminasi, konsumsi.
– Perlu arahan konkret untuk membedakan 2018 dan 2019: target di 2019 lebih maju (advanced) dari 2018.
Indosiana dikenal sebagai penyelenggara festival budaya di indonesia semoga dengan hadirnya Indosiana di Festival Danau Ranau kali ini akan memberikan dampak kepada sistem dan kemajemukan budaya di Kabupaten OKU selatan tentunya hal ini akan memperkuat dalam pelestarian nilai2 budaya dan tradisi yang telah ada sejak dahulu dikabupaten OKU selatan.
Dinas Pariwisata hanyalah merupakan penyelenggara dalam kegiatan ini tapi kepentingan masyarakat adalah kegiatan bersama dan tentunya untuk menjadikan kepentingan masyarakat yang lebih baik diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Marilah segenap Pemerintahan segenap masyarakat, Civil Society, Swasta dan Tokoh adat Tokoh masyarakat dan seluruh elemen yang ada di OKU selatan untuk supaya bergotong royong dan bekerjasama ikut andil dalam kegiatan Festival Danau Ranau XXII tahun 2019.
Terima Kasih. !!!!!